Aspal Jaling di Empat Lokasi

by -17 views

METROPOLITAN – Bersama warga sekitar, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukawening, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, melalui Tim Pelaks­ana Kegiatan (TPK) gotong-royong meningkatkan infrastruktur.

Informasi terhimpun, kegiatan yang tengah direalisasikan itu dibiayai Dana Desa (DD) termin II, 40 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Proyek tersebut sebelumnya sudah dirapatkan dalam hasil putusan mu­syawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang dihadiri seluruh jajaran aparatur desa, ketua RT/RW, kadus, BPD, LPM dan para tokoh ma­syarakat sekitar.

Kepala Desa (Kades) Sukawening Jarkasih menuturkan, pengaspalan hotmiks jalan lingkungan (jaling) tengah direalisasikan. Salah satunya di Kampung Cibeurem, RT 04/04, dengan panjang 120 meter dan lebar satu meter. Anggarannya Rp16.950.000.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukawening Sabil menambahkan, adapun empat titik lain pengasalan jaling beralamat di Kampung Cimoboran, RT 02/01, dengan panjang 300 meter, di Kam­pung Sukabakti, RT 04/02, sepanjang 410 meter.

”Sementara pada lokasi selanjutnya yaitu di Kampung Manggahdua, RT 01/07, sepanjang 186 meter dan di Kampung Cilubang, RT 02/07, dengan panjang aspal 100 meter,” bebernya.

Ia bersyukur warga antusias dalam proses pembangunan. ”Selain mem­percepat pengerjaan, kebersamaan ini menjadi wadah warga bersilatu­rahmi. Saya berharap budaya gotong-royong terus terjaga dengan baik,” harapnya.

Sabil menjelaskan, ucapan senada juga disampaikan untuk pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah Kabu­paten Bogor yang menganggarkan biaya bantuan tersebut. ”Sehingga pelaksanaan ini berjalan baik dan dapat menyentuh hingga pelosok desa. Semoga akses jalan yang layak memudahkan warga dalam beraktivitas,” tandasnya. (yos/c/els/ run)