Bagikan Kurban tanpa Kantong Plastik

by -11 views
BERBAGI: Yayasan Ibnu Hadjar usai berkurban di Taruna Andigha dengan membungkus daging menggunakan keranjang bambu atau bongsang.

METROPOLITAN – Yayasan Ibnu Hadjar memaknai Hari Raya Idul Adha 2019 dengan cara berbeda. Selain menanam­kan rasa berbagi dan peduli sosial terhadap masyarakat, siswa SMP/SMA/SMK Taruna Andig­ha juga lebih mencintai lingkungan.

Distribusi daging kurban tak lagi menggunakan kantong plastik, melainkan menggunakan bungkus ramah lingkungan sesuai imbauan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Tahun ini, yayasan tak hanya berkurban di ling­kungan sekolah, tapi juga untuk Islamic Centre dan masjid di Jakarta serta Ma­kassar. Untuk lingkungan Taruna Andigha, Yayasan Ibnu Hadjar mengurbankan satu ekor sapi dan tiga ekor kambing.

Ketua Yayasan Ibnu Hadjar, Andi Surya Wijaya, mengatakan, tiap tahun diadakan untuk mengajarkan kepada siswa-siswi agar selalu berbagi kepada sesama. ”Sebetulnya tidak harus mo­men seperti ini. Sesuai ajaran dari leluhur yayasan, kita gelorakan berbagi kepada sesama,” katanya.­

Pria yang juga aktif di dunia politik itu menambahkan, tahun ini didistribusikan ku­rang lebih 400 bungkus yang dibagikan kepada warga se­kitar. Seperti warga Gang Barjo, Kepatihan hingga Panaragan. ”Semua kita sebar ke warga, beberapa untuk sekuriti dan petugas kebersi­han,” ujar ASW, sapaan ka­ribnya.

Ia juga mengaku ada pem­beda untuk Idul Adha tahun ini, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Wa­li Kota Bogor, Bima Arya, mengimbau menggunakan bungkus non-kantong plastik untuk mendukung program ramah lingkungan tanpa kan­tong plastik.

”Kita pakai yang ramah ling­kungan, pakai bongsang, se­suai arahan pak wali yang juga distribusikan daging kurban tanpa kantong plastik. Ini kita ajarkan kepada siswa-siswi agar lebih cinta ling­kungan tanpa kantong plastik,” tuntas ASW. (ryn/c/yok/py)