Baitulmal Tazkia Sedekahkan Air Bersih

by -

BABAKANMADANG – Meski sempat dilanda hujan beberapa hari terakhir ini, beberapa wilayah di Kabupaten Bogor masih dilanda kekeringan. Di wilayah timur misalnya, warga masih mengalami kekeringan parah, sehingga terus diberikan bantuan pasokan air bersih. Sekretaris Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menuturkan, kondisi ini memang rutin terjadi setiap tahun. Tak pandang buluh, bahkan kata Budi, kekeringan bisa terjadi di lereng gunung sekalipun.

Budi melanjutkan, keterangan bahwa, wilayah yang terkena dampak bencana kekeringan meliputi wilayah bagian barat Kecamatan Ciampea, Cibungbulang, Cigudeg, Sukajaya, dan Kecamatan Tenjo. Kemudian wilayah timur, Kecamatan Babakanmadang, Citeureup, Tanjungsari, Jonggol dan  Klapanunggal. Sedangkan di wilayah utara meliputi Kecamatan Rancabungur, dan Kemang juga diserang bencana kekeringan ini.

Selanjutnya di wilayah selatan meliputi beberapa desa di Kecamatan Cisarua, Megamendung, Caringin, dan Cigombong. Di situasi yang sama, Baitulmal Tazkia tak kuasa melihat kondisi yang memperihatinkan ini. Lembaga amil zakat itu bergerak untuk mendistribusikan air bersih ke seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor. Baitulmal Tazkia berikan bantuan air beraih ke sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor. Bantuan diberikan dimulai dari wilayah Kecamatan Babakanmadang. “Karena kekeringan kali ini sudah masuk dalam status bencana” ujar Direktur Lembaga Zakat, Baitulmal Tazkia, Iwan. (rb/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *