Banyak Sampah, Kali Cibatok Butuh Dinormalisasi

by -17 views
BANJIR : Aliran Kali Cibatok meluap ke jalan pertigaan Cibatok, Desa Cibatok, Kecamatan Cibungbulang.

CIBUNGBULANG – Hujan deras yang terjadi di wilayah Desa Cibatok, Kecamatan Cibungbulang menyebabkan meluapnya Kali Cibatok setinggi lutut orang dewasa. Banjir disertai tumpukan sampah meluap ke Jalan Raya Cibatok sehingga membuat arus lalu lintas macet. ‚ÄúDiduga, banjir disertai sampah-sampah plastik tersebut akibat warga yang mencemari aliran kali. Ketika hujan turun, aliran kali meluap ke Jalan,” ujar Nani, warga sekitar.

Meluapnya kali Cibatok bukan kali ini saja, namun sudah sering terjadi ketika hujan deras turun. Faktor utama banjir, disebabkan penyempitan kali dan banyaknya sampah. “Harusnya kalinya dinormalisasi agar tidak terjadi penyempitan kali. Termasuk, memasang larangan agar warga tidak membuang sampah ke aliran kali,” keluhnya.

Terpisah, Kepala UPT Pengairan Wilayah 4 leuwiliang Rudi menjelaskan, salah satu penyebab banjir yang terjadi di Kali Cibatok disebabkan banyak tumpukan sampah. Solusinya, dilakukan normalisasi dengan pengangkutan sampah yang menyumbat kali dan warga tidak lagi membuang sampah ke kali. “Kalau dibersihkan sampahnya, warga masih tetap membuang sampah ke kali, tetap bisa menyebabkan banjir ketika hujan turun,” tukasnya. (ads/b/els)