Belum Turun Hujan, Bima Agendakan Salat Istisqa

by -27 views

METROPOLITAN – Kekeringan yang melanda sebagian wilayah Kota Bogor memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga terdampak.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor berencana melaksanakan salat Istisqa, memohon doa agar diturunkan hujan di wilayah Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengaku sudah berkoordinasi dengan PDAM Tirta Pakuan untuk mengirim air bersih ke wilayah terdampak, khususnya warga Bogor Selatan yang belakangan kesulitan air bersih.

”Lalu ada usulan dari warga untuk salat Istisqa. Dua tahun lalu kita pernah lakukan itu. Kita sekarang sudah bicara dengan MUI untuk mengagendakan itu,” katanya.

Menurut Bima, itu bisa dilakukan sebagai ikhtiar dalam menghadapi kemarau kali ini. Harapannya, hujan bisa segera turun. ”Ikhtiar duniawi sudah dilakukan, kalau belum turun (hujan, red) juga. Nanti niat (ikhtiar) ukhrawi juga kita lakukan segera,” ujarnya.

Namun, suami Yane Ardian itu belum bisa memastikan kapan salat Istisqa bisa dilakukan dan menunggu agenda MUI Kota Bogor. Sejauh ini, ada sepuluh titik di Kota Bogor yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. (ryn/b/yok/py)