Bulan Depan, PT INKA Uji Coba LRT

by -30 views

METROPOLITAN – PT INKA (Persero) menyatakan kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) akan diuji coba awal September 2019. Saat ini perusahaan tersebut sedang mengejar penyelesaian pembuatan rangkaian kereta.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan, saat ini INKA sedang menyelesaikan pem­buatan 31 rangkaian (trainset) LRT Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek). Sebagian sudah dilakukan pengujian internal di pabrik INKA Ma­diun. “Sedang dalam proses produksi dan pengujian inter­nal,” kata Budi di kantor Ke­menterian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, ke­marin.

Menurut Budi, uji coba pe­nerimaan atau Factory Accep­tance Test (FAT) di pabrik Ma­diun, Jawa Timur, akan selesai pada 26 Agustus 2019. Kemu­dian rangkaian kereta LRT akan diuji coba pada relnya mulai September 2019, dengan rute Cibubur ke arah Cawang, Ja­karta Timur. Hal itu sudah berdasarkan kesiapan PT Ke­reta Api Indonesia dan PT Adhi Karya.

“Satu trainset akan uji coba, kita ikuti saja karena yang beli KAI. Kalau berangkat, berang­kat saja. Kemarin teman-teman PT KAI dan Adhi Karya sudah siap diuji coba awal September,” tutur Budi.

Budi melanjutkan, pengiriman rangkaian kereta LRT dari pa­brik di Madiun akan memakan waktu selama satu minggu. Terkait pembuatan rangkaian LRT, INKA sedang berusaha mengejar target. Di sisi lain lahan pabrik di Madiun sudah penuh. Jika LRT tidak disele­saikan, perusahaan tersebut tidak bisa melakukan produk­si rangkaian kereta baru.

“Sekarang di sana sudah ng­gak cukup kapasitasnya. Ma­kanya ini LRT kalau nggak segera dikirim, itu nggak bisa produksi lagi. Itu sekarang kita full 24 jam untuk ngejar satu setengah kereta tadi kontrak LRT Jabodetabek,” ujarnya.

Mimpi warga Bogor, Jawa Ba­rat, menggunakan moda trans­portasi LRT mendekati kenya­taan. Sebab, Terminal Ba­ranangsiang sebagai stasiun akhir LRT tujuan Jakarta-Bogor dipastikan mulai dibangun pada 2020. Sebelumnya, me­gaproyek infrastruktur tersebut sempat jadi perdebatan antara Pemkot Bogor, Kemenhub dengan Pemprov Jabar. Pihak Pemkot Bogor menghendaki dibangun dua terminal LRT yaitu di Baranangsiang dan Tanah Baru. Sedangkan Kemenhub dan Pemprov Jabar mengusul­kan lokasi stasiun di Terminal Barangsiang. (lip/rez/run)