CPNS Dibekali Pengetahuan Penangkal Hoax

by -14 views
DIGOJLOK : Para CPNS Kabupaten Sukabumi mendapatkan pemaparan mengenai bahaya hoax dan cara menyikapinya.

SUKABUMI,- Upaya Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang bersih dan profesional terus dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan Pendidikan Dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan  sejak tanggal 12 Agustus hingga tanggal  5 Oktober 2019 mendatang itu diisi dengan berbagai materi. Mulai dari wawasan kebangsaan hingga tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Tidak hanya itu materi peran pemerintah dalam pelayanan informasi publik dan sapu bersih hoax pun menjadi salah satu bahan mata ajar dalam pendidikan tersebut

“Saat ini informasi publik menjadi hak asasi manusia sehingga para peserta harus  dibekali dengan materi pelayanan informasi publik,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri.

Herdi berharap, para pegawai baru ini akan mengerti dan memahami bagaimana tatacara memberikan sebuah pelayanan informasi untuk publik.   Bukan hanya layanan informasi publik, namun para peserta juga di bekali terkait sikap dan prilaku seorang aparatur sipil negara ketika mendapatkan berita hoax.

“Ini penting jangan sampai malah para Pegawai  ikut mendistribusikan dan mentransmisikan penyebaran berita hoax, apalagi berita  yang mengandung ujaran kebencian atau provokasi karena tentu saja selain melanggar etika pegawai juga melanggar UU ITE,” tambahnya.

Diketahui, Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan selama  51 hari dengan metoda on dan off campus dimana   21 hari on campus dan 30 off campus untuk mengimplementasi dan Aktualisasi serta membuat sebuah inovasi dari hasil pendidikan. (hms/ade/suf)