Debut Terjal sejak Awal

by -26 views

CINCINNATI, Jawa Pos – Keputusan penting itu akhirnya diambil. Bintang tenis Skotlandia Andy Murray memutuskan untuk melakoni turnamen perdana di sektor tunggal setelah dibebat cedera panggul yang nyaris menyudahi karir profesionalnya. Dan, setelah merasa cukup memulai kembali langkahnya di lapangan di sektor ganda, Murray bakal mengambil jatah wild card di Cincinnati Masters.

Kali terakhir Murray turun di sektor tunggal Januari lalu di Australia Terbuka. Dibayangi cedera panggul yang menyakitkan, pengoleksi tiga gelar grand slam tersebut bertarung sengit kontra Roberto Bautista Agut selama lima jam. Setelah laga, dia mengaku frustrasi lantaran cederanya tak kunjung pulih meski sudah menjajal segala cara dalam dua tahun terakhir. Dia juga sudah berancang-ancang untuk pensiun dini.

Namun, sebulan berselang, dia memutuskan menjalani operasi kedua untuk memasang logam pelapis di atas tulang paha kanan. Pascaoperasi itu, Murray mengalami perkembangan signifikan. Dia menyebut keputusan menjalani operasi kedua sangat tepat. ’’Itu mengubah hidupku dan aku kembali optimistis,’’ ucapnya saat itu dilansir BBC.

Juni lalu Murray pun sudah come back ke lapangan tenis melalui sektor ganda. Turnamen pertamanya adalah Queens Club. Hasilnya mengejutkan. Dia langsung menjadi kampiun berpasangan dengan Feliciano Lopez. Sebelum memutuskan tampil di sektor tunggal di Cincinnati Masters pada 12–18 Agustus, total Murray sudah turun di empat turnamen pada sektor ganda.

Termasuk di grand slam Wimbledon saat dia tampil di ganda putra dan campuran. Saat itu dia berpasangan dengan Pierre-Hugues Herbert di ganda putra dan bersama Serena Williams di ganda campuran. Karena ranking-nya di sektor tunggal anjlok ke peringkat ke-326 dunia, petenis 32 tahun tersebut harus menggunakan jalur wild card di Cincinnati Masters.

Sebagai petenis wild card, dia harus melawan petenispe tenis unggulan sejak babak pertama. Dan, tentu saja jalannya bakal terjal. Pada laga perdana malam nanti, Murray langsung berhadapan dengan mantan ranking ke-7 dunia Richard Gasquet. Jika sanggup melewati petenis Prancis tersebut, petenis yang bernama lengkap Andrew Barron Murray itu sudah dinanti ranking ke-4 dunia Dominic Thiem.

Belum cukup sampai di situ, posisi Murray yang berada di drawing section 3 membuatnya berpeluang berhadapan dengan ranking ke-7 dunia asal Jerman Alexander Zverev di perempat final. Dan, andai kata mampu menembus empat besar, Murray berpeluang bersua dengan ungulan kedua Rafael Nadal. (irr/c17/cak)

Loading...