Delapan Bulan tanpa Kontribusi

by -753 views

METROPOLITAN – Gelandang Manchester United Jesse Lingard selalu masuk starting XI dalam dua matchweek pembuka Premier League 2019–2020. Keputusan pelatih Ole Gunnar Solskjaer memberikan porsi besar kepada pemain berjuluk JL14 itu pun mengundang pertanyaan.

Tak lain, pertanyaan soal kontribusi Lingard untuk United. Misalnya, yang dikemukakan penulis Outside The Box Duncan Alexander. Terhitung sejak Januari lalu, gelandang serang 26 tahun tersebut tidak membuat gol maupun assist di Premier League.

’’Sudah 14 laga dan delapan bulan berlalu sejak Lingard berpartisipasi gol ketika United menang 5-1 atas Cardiff pada 22 Desember 2018. Saat itu Lingard membuat brace,’’ tulis Daily Mail. ’’Assist terakhir dilakukan Lingard saat United menang 3-1 atas Huddersfield di Boxing Day,’’ imbuh Daily Mail.

Football 365 menambahkan, statistik buruk Lingard tapi terus dipercaya Solskjaer menunjukkan bagaimana United menoleransi kemediokeran pemain. Manchester Evening News pun memberikan rating rendah untuk performa Lingard kemarin. Bermain selama 81 menit sebelum di gantikan Mata, Manchester Evening News hanya memberikan nilai 5.

Salah satu penyebab menurunnya performa Lingard adalah aktivitasnya di media sosial yang mengalahkan fokus bertanding di lapangan. Solskjaer pun sudah pernah memberi peringatan soal itu. ’’Jesse (Lingard) tahu apa yang harus dilakukannya sebagai pemain Manchester United. Mungkin di periode lalu dia agak ceroboh, tetapi dia juga memiliki sisi baik untuk tim,’’ kata Solskjaer kepada The Sun.

Solskjaer menyatakan, selama pramusim dirinya dan Lingard mencapai kesepakatan. Yakni, Lingard akan lebih berprestasi dan ’’vokal’’ di lapangan ketimbang di area media sosial. ’’Jesse pun tahu bahwa performanya musim lalu sangatlah di bawah standar dan kami mendiskusikannya. Kita tunggu apa yang akan dilakukannya pada pertandingan berikutnya,’’ imbuh pelatih asal Norwegia tersebut. (dra/c22/dns)