Demi GOR dan Pusat Kuliner Pemkot Gelontorkan Rp10 Miliar, Semua demi Warga Kota

by -
ILUSTRASI: Warga saat berolahraga di lingkungan Stadion Pajajaran, Kota Bogor. Rencananya Pemkot Bogor membuat GOR mini di setiap kecamatan Kota Bogor.

METROPOLITAN –  Anggaran sebesar Rp10 miliar telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk merealisa­sikan program prioritasnya. Semua ini termaktub dalam Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 Kota Bogor.

Peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan membangun satu gelanggang olahraga (GOR) dan stadion mini untuk setiap kecamatan adalah satu dari sekian pro­gram. Tak hanya itu, membangun satu pusat kuli­ner di enam kecamatan Kota Bogor terus digalakkan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Dedie A Rachim.

Dedie mengata­kan, anggaran setiap tahun akan selalu disiapkan jajarannya untuk merealisasikan pembangunan. “Semua anggaran pembangu­nan tergantung DED. Ini ha­nya perkiraan sementara,” kata Dedie.­

Rencananya, sambung dia, semua akan bersumber dari tiga pendanaan yakni Ang­garan Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD), Ang­garan Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBN) hingga bantuan provinsi. Ia juga tengah mendata sejumlah lokasi yang bakal diperuntuk­kan pembangunan tiga pro­gram tersebut.

“Minimal luas lahannya 1-1,5 hektare, baik aset pemerintah, pengadaan atau lahan dari hibah. Untuk memudahkan­nya, kami tengah mendata lahan sebagai lokasi pembangunan,” bebernya. Orang nomor dua di Kota Bogor itu menargetkan mini­mal dalam satu tahun pembangunan tiga program telah terlaksana.

“Selama 2019–2024 harus sudah terlaksana. Minimal setiap tahun satu kecamatan selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, menilai secara umum pos anggaran pembangunan tiga program sudah tersimpan di sejumlah dinas terkait. Di antaranya seperti dinas pari­wisata, dinas koperasi dan dinas lainnya.

“RPJMD merupakan gagasan program yang dirumuskan wali dan wakil wali kota, se­kaligus menjadi rujukan janji politis mereka yang di­jabarkan dalam sebuah pro­gram kegiatan pembangunan,” tukasnya. (ogi/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *