Dikomplain Warga, PT GSS Bongkar Alat Produksi

by -55 views
LOKASI PRODUKSI: Lurah Kedunghalang, Rahman, saat meninjau lokasi produksi di PT GSS, beberapa waktu lalu.

METROPOLITAN – Warga Gang Muhasan, Kampung Punggilis, RT 04/13, Kelura­han Kedunghalang, Kecama­tan Bogor Utara, kini bisa bernafas lega pasca-dibong­karnya salah satu mesin pro­duksi milik PT Guna Senaputra Sejahtera (GSS).

Diduga, salah satu mesin produksi yang bergerak di bidang sparepart motor ini mencemari lingkungan dengan mengeluarkan aroma tak sedap. Bahkan, warga sekitar sempat melakukan aksi unjuk rasa meminta di­hentikannya operasional pabrik pada 9 Mei 2019. Aksi ini berujung pada per­temuan antara manajemen pabrik dengan warga yang didampingi pemerintah se­tempat.

Lurah Kedunghalang, Rah­man, mengakui beberapa waktu lalu warga di sekitar pabrik sempat mengadukan adanya aroma tak sedap yang keluar dari salah satu bangu­nan produksi milik PT GSS. Namun, ini sudah tak lagi terjadi lantaran manajemen telah menghentikan keluhan tentang produksi. ”Alhamdulillah, bau menyengat yang warga rasakan sudah tuntas,” katanya.­

Setelah mendapatkan adu­an warga sekitar, sambung Rahman, PT GSS langsung menghentikan produksi salah satu alatnya. ”Produksinya langsung dihentikan, selang ada aduan warga. Alatnya juga sudah dipindahkan ke pabrik lain. Jadi, sekarang warga tidak mencium bau tak sedap lagi,” bebernya.

Hal senada dikatakan Kiki, warga yang ada tepat di bela­kang pabrik PT GSS. Ia mem­benarkan bau tak sedap sudah tak lagi dirasakan warga sejak Mei. Warga juga merasa lega dan senang lantaran tak lagi menghirup aroma busuk yang keluar dari pabrik. “Sudah selesai, kami tidak mencium aroma bau lagi,” singkatnya.

Sementara itu, Humas PT GSS, Nurlela, mengaku belum bisa berkomentar mengenai ini. Apalagi, semua kebijakan yang berkaitan dengan pro­duksi ada di pucuk pimpinan untuk berkomentar. ”Kami belum bisa kasih keterangan sekarang. Nanti Senin ke sini lagi, langsung bertemu bapak. Senin jam 9 pagi ya,” pung­kasnya saat ditemui wartawan koran ini, kemarin.(ogi/c/yok/py)