Disnakertrans Cetak 22.162 Tenaga Kerja Terlatih

by -16 views
PELATIHAN: Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi melatih calon tenaga kerja agar terampil.

Sukabumi,– Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi Ridwan Agus Mulyawan menyebut bahwa pihaknya  telah mencetak 22.162 orang tenaga kerja terlatih.

Mereka semua telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi 2019. “2016 orang dibiyayai oleh APBN, yang 200 orang lagi dibiayai APBD,” tuturnya.

Menurut dia, ada 90 paket platihan selama 2019. Ini terbagi dalam 10 kejuruan, meliputi, las listrik, teknik manufaktur, otomotif, menjait, pertanian, komputer, management dan lain sebagainya. “Pelatihan yang diberikan selama 20 hari atau 160 jam pelatihan,” ungkapnya.

Menurutnya, para peserta pelatihan ini disiapkan untuk memasuki dunia usaha dan dunia kerja. Namun, untuk mencapai target tersebut tentunya dibutuhkan kolaborasi atau penyamaan program dengan instansi berkompeten lainnya.

“Kami telah menjalin komunikasi dengan berbagai perusahaan untuk menempatkan mereka, juga menjalin komunikasi dengan instansi pemerintah untuk membantu mereka mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Dia berharap para peserta yang telah lulus dari pelatihan itu dapat memanfaatkan ilmunya. Sehingga berguna untuk orang lain. “Melalui pelatihan ini, kami berupaya  untuk meningkatkan kwalitas Sumber daya Manusia (SDM). Sehingga tarap hidupnya dapat meningkat dan sejahtera,” tutupnya. (dna/ade/feb)