Disnakertrans Gelar Pelatihan PBK Gelombang Enam

by -15 views
TERAMPIL : Disnakertrans Kabupaten Sukabumi menggelar PBK untuk kesekian kalinya. Para peserta pelatihan diharapkan bisa memanfaatkan ilmunya dengan maksimal.

Sukabumi-Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi kembali membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) peserta gelombang enam.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Ridwan Agus Mulyawan, menyebutkan pelatihan  berbasis kompetensi sumber daya manusia itu di tujukan untuk peningkatan kompetensi melalui pelatihan berbasis kompetensi yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar.

“Hari ini kita buka pelatihan untuk angkatan 6 yang terdiri dari 160 peserta. Juga sekaligus penutupan angkatan ke lima. Pelatihan Kompetensi ini untuk mengedapankan kemampuan hard skill dan soft skil yang berorintasi terhadap kebutuhan industri,” tuturnya saat ditemui usai melaksanakan pembukaan PBK di gedung BLK Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Menurutnya pelaksanaan pelatihan angkatan ke enam akan dilaksanakan selama 20 hari ke depan dengan 160 jam pelatihan kerja yakni dari 23 Agustus hingga 14 September mendatang. Sedangkan angkatan kelima sudah dilaksanakan sejak 31 Juli lalu dan rampung pada hari ini 23 Agustus.

Menurutnya, peserta pelatihan berbasis kompetensi tersebut diangkatan ke enam terdapat 10 paket pelatihan, dengan sub pelatihan kejuruan las SMAW, las FACW, Las GTAW, drafter mesin, Tune up sepeda motor konvensional, instalasi listrik,  bangunan sederhana, perakitan komputer, bordir mesin, serta pembuatan roti dan kue.

“Diangkatan ke lima juga sama 10 paket pelatihan, yakni kejuruan las SMAW, las FACW, Las GTAW, pengoprasian mesin bubut, tune up sepeda motor konvensional, lemari es pendingin, pengelola administrasi, perakitan komputer, dan menjahit komponen pakaian,” jelasnya.

Melalui pelatihan tersebut, Ridwan berharap para peserta yang telah lulus dari pelatihan dapat memanfaatkan ilmunya, sehingga berguna untuk orang lain. Dan tarap hidup para peserta dapat meningkat dan sejahtera. (dna/ade/suf)