Foto Presiden Dari Berbagai Masa Mejeng di Rumpin Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ide-ide kreatif yang dituangkan tak jarang membuat decak kagum. Di Rumpin, warga juga punya cara unik mengisi bulan kemerdekaan. Mereka memajang foto presiden dari berbagai masa hingga foto para pahlawan.

Ide tersebut diinisiasi warga Kampung Panoongan RT02/04, Desa Kampungsawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Foto-foto presiden mulai dari Soekarno hingga Jokowi terpampang di gapura kampung yang sudah dihiasi atribut merah-putih.

Tak hanya itu, foto-foto pahlawan yang turut serta berjuang merebut kemerdekaan ikut mewarnai kampung tersebut.

Sekretaris Panitia HUT RI ke-74 Mulya Diva mengatakan, foto-foto yang dipanjang sekaligus menjadi sarana edukasi. Masyarakat diharapkan mengenal para pemimpin terdahulu hingga saat ini.

“Pertama memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74. Kedua ini sebagai edukasi agar masyarakat mengenal pemimpinnya dan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan,” kata Mulya Diva.

Selain foto presiden dan pahlawan, panitia juga memajang foto para pejebat daerah hingga nasional yang pernah singgah ke Rumpin. Foto-foto tersebut dilengkapi keterangan identitas pejabat, waktu kunjungan hingga aktivitasnya saat kunjungan ke Rumpin.

“Kita pajang semua foto tokoh mulai dari presiden, menteri hingga kepala daerah yang pernah datang ke Rumpin selama 4 tahun belakangan. Termasuk foto-foto kegiatan kampanye bupati Bogor ketika turun ke rumpin. Ada juga foto kegiatan Muspika Rumpin,” ungkapnya.

Menurut Mulya Diva, berbagai atribut yang dipasang untuk memeriahkan HUT RI ini berasal dari anggaran swadaya masyarakat Kampung Panoongan. Warga menyambutnya dengan sangat antusias.

Sementara itu, Ketua RT02 Kampung Panoongan, Agus mengatakan, ide menampilkan foto-foto pemimpin dan tokoh bangsa merupakan kali pertama dilakukan warga Panoongan. Berbagai atribut yang dipasang untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini merupakan bentuk rasa cinta warga terhadap Indonesia.

“Ini bentuk kecintaan terhadap Bangsa dan Negara. Agustus adalah bulan bersejarah bagi kemerdekaan republik ini,” tandas lelaki yang akrab disapa Gotek. (mul/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *