Hari Ini KPU Tetapkan Anggota Dewan Terpilih

by -15 views
ILUSTRASI: Jajaran KPU Kota Bogor sebelum melaksanakan penghitungan suara pilkada 2018 lalu.

METROPOLITAN – Proses panjang pemilihan legislatif (pileg) 2019 Kota Bogor menemui titik akhir. Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor akan menetapkan 50 anggota terpilih Kota Bogor periode 2019-2024 di gedung DPRD Kota Bogor.

Ketua KPU Kota Bogor Syamsudin mengatakan, ada dua poin dalam acara rapat pleno nanti. Yakni mene­tapkan jumlah kursi partai dan ang­gota dewan terpilih, serta pemberian Surat Keputusan (SK) dari KPU Kota Bogor.

“Dua poin itu yang akan dibahas. Untuk pengambilan sumpah jabatan, nanti tanggal 20 Agustus,” kata Syam­sudin.

Menurutnya, soal gugatan caleg Kota Bogor ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu sudah selesai diputus sejak Kamis (8/8). Sedangkan untuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LH­KPN), 50 anggota dewan ter­pilih Kota Bogor sudah meny­elesaikannya.

“Semua syarat sudah dipenuhi, tinggal dite­tapkan dan diambil sumpah jabatan,” ujarnya. ­

Sementara itu, KPU Kabu­paten Bogor juga akan mela­kukan hal sama pada Rabu (14/8) di Hotel Olimpic Re­notel, Sentul, sekitar pukul 14:00 WIB. “Kegiatannya lebih membacakan siapa saja ang­gota dewan terpilih, berapa jumlah kursi dari masing-masing partai hingga lain sebagainya,” kata Komisioner KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan.

Sementara itu, Surat Kepu­tusan (SK) akan diberikan pada Senin (19/8) di aula kan­tor KPU Kabupaten Bogor. Sedangkan pengucapan sum­pah janji yang akan disampai­kan di depan muspida dan masyarakat Kabupaten Bogor akan berlangsung di kantor DPRD Kabupaten Bogor pada Selasa (27/9).

Soal masih ada anggota de­wan terpilih yang belum me­nyerahkan LHKPN, jelasnya, itu tidak akan mengganggu penetapan calon anggota de­wan. Namun mereka diberi tenggat waktu hingga Rabu (21/8) untuk menyerahkan hal tersebut.

“Jadi sebelum tang­gal 21 itu mereka sudah harus menyerahkan LHKPN,” tan­dasnya. (yos/c/rez/run)