Hotel Sayaga Diharapkan Jadi Sumber PAD

by -32 views

METROPOLITAN – Pembangunan Hotel Sayaga hingga kini masih belum me­nemukan titik terang kapan bisa selesai. Sebab, ada peru­bahan site plan dalam proses pembangunannya.

Wakil Bupati Bogor Iwan Se­tiawan menjelaskan awal mula perubahan site plan ka­rena tanah yang digunakan sebagai lahan pembangunan adalah sebuah rawa. Sehingga dalam perencanaannya harus mendapatkan penambahan konstruksi.

“Sekarang ini kita proses pe­mindahan pengerjaan. Nah, itu yang jadi pemerhambat. Karena yang membangun atau yang pertama itu tidak selesai. Itu masalahnya di situ. Kita juga tanya, kita juga pelajari kenapa sampai begitu. Karena tidak sesuai prediksi waktu perencanaan,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Meski begitu, pembangunan hotel yang akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu tak akan dibiarkan mangkrak begitu saja. Sebab dengan sudah dibangunnya tahap pertama, maka pembangunan harus di­lanjutkan agar pemerintah tidak merugi.

“Kan kita belum bergerak. Jadi menurut saya, berbagi cara apa pun tetap hotel itu harus berjalan. Anggaran juga harus didorong. Dari­pada rugi itu disetop, rugi berapa miliar itu?” tegasnya.

Jika nantinya pembangunan tersebut selesai, tentunya hotel yang berada di Jalan Tegar Be­riman itu akan menjadi prima­dona. “Tentu itu akan ramai pengunjung. Nah, PAD kita akan bersumber dari situ nantinya,” imbuhnya.

Terpisah, Direktur Operasio­nal Sayaga Wisata Ivan Fadilla menjelaskan, pembangunan hotel bintang tiga di atas lahan seluas 5.000 meter persegi itu dalam waktu dekat pembangu­nannya akan kembali dimulai.

”Di sini ada keterlambatan. Jika berbicara masalah ang­garan, kita akui memang pembangunan Hotel Sayaga ini berat di konstruksi, karena lahannya merupakan bekas tanah rawa,” ungkapnya. (cr2/b/els/run)