Hutan Gunung Walat Cicantayan Dilalap Api

by -14 views
HANGUS : Hutan yang terletak di Gundung Walat Cicantayan dilalap si jago merah. Tim pemadam kebakaran bejibaku untuk memadamkan api.

SUKABUMI – Kebakaran melanda hutan di areal Gunung walat Kampung Genteng, RT07/05, Desa Lembursawah, Kecamatan Cantayan, Kabupaten Sukabumi, kemarin. Api membesar di sekitar areal perbatasan dengan hutan pendidikan dan lokasi pemancar Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Menurut Danpos Damkar Cibadak Aam Hermana, api diketahui sekitar pukul 13.20 WIB oleh warga setempat. “Kami mengirim satu unit damkar namun tidak bisa mencapai titik api, karena  medan jalannya tidak bisa di lalui kendaraan, mobil damkar hanya sampai di Arta graha, sementara jaraknya masih sekitar dua kilometer lagi,” katanya.

Proses pemadaman api pun dilakukan dengan cara memukul dengan dahan dan kayu basah. “Anggota Koramil Cibadak, relawan dan masyarakat sekitar Kampung genteng masih berusaha memadamkan titik api yang ada diperbatasan dengan hutan pendidikan, disana ada kebon pinus dan pemancar TVRI,” ujarnya.

Sebaran titik api bisa dikendalikan beberapa jam kemudian. Namun warga dan relawan masih berjaga karena khawatir api kembali muncul dari bawah dahan yang berasap. “Informasi awal yang kami dapat, dugaan sementara kebakaran diakibatkan dari puntung rokok warga yang habis pulang dari kebun,” pungkasnya. (suc/suf)