Iqbal Ramadhan Merespon Saat Film Bumi Manusia Dapat Kategori Umur 17+

by -68 views

METROPOLITAN – Bintang utama film Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan menanggapi pemberian kategori umur 17+ untuk fIlm ini.

Sebelumnya pihak Falcon Picture dan tim Bumi Manusia mengajukan kategori umur 13+ ke Lembaga Sensor Film (LSF). Namun, hasilnya justru film Bumi Manusia mendapat kategori umur 17+.

Iqbaal Ramadhan tak merasa kecewa ataupun marah, ia justru menghormati keputusan LSF. Meskipun para penggemarnya banyak yang berusia di bawah 17 tahun.

“Ini, kan, kebijakan yang sudah dilakukan sama sensor film di Indonesia. Dan sudah di-approve sama production house. Kalau ditanya pendapat pribadinya, gua pasti respect aja. Karena bukunya memang juga berat ya,” ujar Iqbaal Ramadhan di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

“Semua yang nonton film ini bisa mendapatkan esensi sepenuhnya dalam bukunya. Kalau kami memaksakan demi jumlah penonton, demi kepuasan penonton lalu rating-nya diturunkan ke 13 tahun, gua takutnya gua malah mengecewakan Pram dan keluarganya,” terang Iqbaal.

Pemeran tokoh Minke di Bumi Manusia itu merasa keputusan dari LSF adalah yang terbaik.

“Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gua rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih,” kata Iqbaal.

“Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja,” ucapnya.

Loading...