Jalan Menuju Wisata Batulayang Dibeton Pakai Dana Desa

by -37 views
BERBENAH: Warga Desa Batulayang gotong-royong memperbaiki jalan yang menjadi akses wisata ke Batulayang.

METROPOLITAN – Sebagai daerah wisata, kawasan Puncak memilki magnet tersendiri bagi para pelancong. Selain hawanya yang sejuk, tempat-tempat wisata alamnya pun terbilang banyak pilihan. Salah satunya adalah Curug Kembar yang ada di Desa Batulayang.

 Laporan: Asep Saeful Hidayat

Sebagai desa yang menyandang predikat desa wisata, Batulayang terus berbenah, dari mulai penataan infrastruktur sampai lokasi wisata. Banyak manfaat yang bisa didapat masyarakat dari banyaknya turis yang berkunjung, diantaranya adalah penyediaan homestay. Secara otomatis rumah tinggal yang diperuntukkan turis ini kan berdampak pada penghasilan warga.

Kendati demikian, menurut praktisi wisata Desa Batulayang, Mang iding, aturan bagi pemilik homestay sangat ketat, diantaranya adalah tidak diperbolehkan menerima tamu untuk menginap selain dari keluarga atau pasangan suami istri. “Bahkan etika pun sangat ketat, yaitu tidak diperkenankan istri si pemilik homestay untuk keluar hanya memakai handuk saja jika usai mandi,”katanya.

Namun sayang, jalan menuju desa wisata tersebut masih terbengkalai, karena selama ini jalan selalu diperbaiki dari hasil patungan warga. “Selama ini, masyarakat lah yang membangun jalan ke area wisata Batulayang, karena anggaran dari pemerintah belum juga menyentuh ke arah sana,” terangnya.

Keprihatinan tersebut, didengar baik oleh Kepala Desa Batulayang Muhamad Ridwan. Ia berjanji pembangunan jalan ke area wisata akan segera diselesaikan. Salah satunya dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap 3. “Tahun ini kami akan membangun jalan tersebut. Salah satu sumber anggarannya adalah dari DD tahap 3. Kami sudah mencanangkan itu,” pungkasnya. (ash/b/els)