Kades Stop Pembangunan Perumahan Bodong di Laladon

by -345 views

CIOMAS – Proyek pembangunan perumahan di Kampung Bubulak RT 04/09, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas dikeluhkan warga.Perumahan seluas 4.500 meter tersebut tak mengantongi IMB dan izin lingkungan. Setelah disidak desa, pembangunan perumahan akhirnya dihentikan Pemdes Laladon sampai terbit perizinannya.

Warga sekitar Aslak (40) mengaku tidak mengetahui pembangunan perumahan. Tiba- tiba banyak kendaraan material yang membawa barang bangunan ke lokasi perumahan. “Ketika ditanyakan ke Desa, ternyata desa tidak pernah mengeluarkan izin pembangunan perumahan,” ujarnya.

Menurut Aslak, mendirikan banggunan merupakan hak setiap warga negara Indonesia. Namun, perlu diperhatikan juga perizinanannya termasuk dampak ke lingkungan. Apalagi pembangunan perumahan berdekatan dengan pemukiman warga dan melalui akses jalan warga. “Adanya pembangunan perumahan warga sekitar tergangu, apalagi pembangunan perumahan tersebut tak berizin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Laladon, Ujang Atmaja sudah mengetahui keluhan warga tersebut. Ia pun langsung sidak ke lokasi. Ternyata, di lokasi perumahan sudah dibangun tiga unit rumah. “Kita hentikan kegiatan pembangunannya karean tidak mengantongi IMB dan izin lingkungan,” tegasnya.

Adanya pembangunan perumahan, warga sekitar tidak pernah diajak musyawarah. Padahal, lokasi perumahan berdekatan dengan warga dan akses masuk ke perumahan tersebut melalui jalan warga. “Kita meminta pembangunannya dihentikan dulu sampai proses perizinannya ada. Adanya perumahan tak berizin, kita juga melaporkan ke kecamatan,” pungkasnya. (ads/b/els)