Kampung KB Gagak Dinilai Tim Verifikasi

by -17 views

CIBINONG – Tim verifikasi penilaian Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat provinsi Jawa barat, melakukan Verifikasi lapangan, di Kampung KB Gagak RW 03 Kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong, kemarin.

Staf Ahli Bidang Ekbang Kabupaten Bogor, Lita Ismu Yulianti mengatakan, kegiatan kampung KB nantinya dapat meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Untuk mencapai tujuan tersebut,rangkaian kegiatan yang ada di kampung KB harus dimaksimalkan dengan pelaksanaan delapan fungsi keluarga sebaik mungkin sehingga akan tercipta keselarasan program kerja dalam membangun dan menguatkan ketahanan keluarga.

“Secara keseluruhan akan berdampak pada keberlangsungan pemakaian alat kontrasepsi, status gizi dan kesehatan masyarakat, khususnya anak dan balita dari kalangan keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera,”katanya.

Lita juga mengaku bangga dimana dari program kampung KB ini lahir inovasi-inovasi yang dapat memberikan warna kepada pelaksanaan program Pemerintah Daerah seperti kampung KB Gagak.

“Kampung KB ini telah memadukan berbagai kegiatan diantaranya sebagai kampung KB dan kampung pembibitan dan sedang dirintis sebagai kampung wisata KB yang diisi dengan kegiatan arung jeram, tanam bibit pohon di bantaran sungai, tebar benih ikan di Sungai ciliwung dan kuliner,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Provinsi Jabar Sukaryo teguh santoso, mengatakan, ada tiga kriteria penilaian dalam agenda verifikasi ini, di antaranya profil data, pendaftaran secara online, dan rechecking ke lapangan. “Rechecking ini dimaksudkan untuk melihat data yang masuk benar- benar sesuai fakta yang ada di lapangan. Rechecking juga merupakan penilaian yang bobotnya paling tinggi,” ujarnya. (cr2/b/els)