Kesehatan Reproduksi bakal Masuk Kurikulum Pendidikan

by -26 views

METROPOLITAN- Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki rencana memasukkan program pendidikan kesehatan reproduksi dalam kurikulum sekolah. Materi pengajaran ini akan diberikan mulai dari jenjang sekolah dasar ( SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Menurut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, program itu rencananya akan dimasukkan dalam pendidikan jasmani atau lainnya. “Saat ini kami sedang mengumpulkan para deputi, saya juga sudah berkomunikasi dengan Pak Menteri Pendidikan soal hal tersebut. Pada prinsipnya sudah oke. Harapan kami, Desember besok sudah bisa terlaksana,” ujar Hasto.

Menurut dia, pendidikan kesehatan tersebut tidak hanya membahas mengenai pendidikan seks, tetapi juga mempelajari materi yang lebih luas, yaitu tentang kesehatan reproduksi.

“Paling tidak bulan Desember sudah siap materinya. Harapan kami anak-anak jadi mengetahui soal siklus kehidupan reproduksi perempuan dan laki-laki. Karena sangat naif apabila anak umur 12 tahun yang sudah menstruasi, tetapi tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya,” ucap Hasto. (kps/feb)