KRL Bikin Desa Bebas Sampah

by -17 views

METROPOLITAN – Tak hanya pro­gram Jumat Bersih (Jumsih), giat Minggu Bersih (Mingsih) wilayah juga direalisasikan Pemerintah Desa (Pemdes) Argapura bersama masy­arakat. Tujuannya agar terwujud lingkungan yang asri guna mening­katkan kesehatan warga.

Giat bersih itu merupakan salah satu program Kampung Ramah Ling­kungan (KRL) yang tengah digeber Pemdes Argapura. Tampak jelas warga Argapura berbaur membersi­hkan limbah plastik yang bercecer di salah satu bahu jalan desa (jaldes). Kaum ibu, bapak, pemuda-pemudi dan remaja tampak antusias.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Argapura Jamian menu­turkan, giat tersebut nantinya akan dilangsungkan keliling RT/RW setiap pekannya. ”Selain bersih, gotong-royong ini menjadi wadah keber­samaan rakyat desa. Saya harap se­telah bersih warga ikut menjaga ke­bersihan lingkungan,” kata Pjs Ke­pala Desa (Kades) Argapura Ade Miharja.

Tujuannya agar terhindar dari penya­kit. Tentu wilayah bersih dan asri nantinya akan dinikmati warga seki­tar. Mutu kesehatan pun diharapkan terjaga dengan baik. ”Minggu kema­rin digelar di RT 05/07. Warga juga berbaur membersihlan irigasi. Program KRL ini sangat baik, harus dapat di­pertahankan,” pintanya.

Di lain hal, KRL Matahari Desa Ar­gapura ini membentuk juga kegiatan pengolahan singkong di Kampung Leuwiloa Malangbong, RT 03/11. ”Hasilnya nanti menjadi nilai jual ekonomi. Semoga bermanfaat,” pung­kas Ade.(yos/c/yok/run)