Lomba Gapura Berhadiah Kambing

by -11 views
PERLOMBAAN : Pjs Kepala Desa Sukajaya Topik Iskandar saat membukan kegiatan lomba MTQ tingkat Desa.

SUKAJAYA – Pemerintah Desa Sukajaya, Kecamatan Sukajaya punya cara unik untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-74 RI. Salah satunya,  menggelar lomba menghias gapura di tingkat desa.

Ada sembilan gapura yang mengikuti Lomba Gapura Cinta Negeri.  Tujuannya menumbuhkan kembali semangat persatuan dan sikap nasionalis masyarakat.

Pjs Kepala Desa Sukajaya, Topik Iskandar mengatakan, bertepatan HUT ke-74 Pemerintah Desa Sukajaya telah menggelar berbagai perlombaan, yakni lomba menghias gapura, festival Marawis, kasidah, MTQ dan Kaligrafi.

Untuk lomba menghias gapura akan  dinilai juri dari babinsa Desa, unsur kecamatan dan mahasiswa. “Tujuan lomba menghias gapura untuk meningkatkan persatuan kesatuan, nilai nasionalis, membangkitkan partisipasi masyarakat, dan menumbuhkan kreativitas warga,” ujarnya.

Topik menambahkan, untuk kriteria penilaian lomba gapura  yang di nilai juri diantarnya semangat gotong royong, nilai seni dan estetika, kreativitas visual, kreativitas penggunaan bahan dan  orisinalitas ide. Pemenang lomba gapura tingkat kampung  akan diumumkan pada acara puncak yakni 18 Agustus 2019.

“Juara pertama lomba gapura bakal mendapatkan hadiah satu ekor kambing dari desa. Namun, bukan juara yang paling penting semangat warga dalam memeriahkan HUT RI,” bebernya.

Babinsa Desa Sukajaya, Serda Sugianto menambahkan selain memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI, perlombaan ini digelar untuk mengembalikan rasa dan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat. Kemudian pertalian silaturahmi masyarakat semakin erat, serta membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah airm

“Alhamdulillah dengan kegiatan lomba gapura antusias masyarakat Desa Sukajaya sangat luar biasa. Semua kalangan turut serta bergotong royong,” tukasnya. (ads)