Mantan Sekda Terbitkan Buku Korupsi

by -

METROPOLITAN – Maraknya tindak pidana korupsi di Indonesia jadi salah satu alasan bagi Aziz Min Alamsyah berkarya. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi ini menulis buku tentang Korupsi. Azis yang saat ini menjadi Widyaiswara Utama mengajak rekan-rekannya untuk memberi alternatif literasi tentang korupsi dengan kemasan sederhana dan mudah dicerna sehingga lahirlah buku dengan judul Apersepsi, Modus dan Kasus Korupsi.

“Buku ini cocok dijadikan alternatif edukasi bagi masyarakat dengan cara mengenal bentuk, modus operandi dan kasus yang sering terjadi. Buku ini pun dapat dijadikan referensi yang mengingatkan pembaca untuk tidak melakukan korupsi,” kata Azis yang didampingi salah satu rekan seprofesinya sebagai widyaiswara Sudrajat, saat menemui Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi, kemarin.

Bupati Marwan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas upaya nyata yang dilakukan Azis Min Alamsyah beserta timnya. Sebab, buku ini bisa memberi gambaran tentang kondisi korupsi yang terjadi. Dengan terbitnya buku ini memberi referensi penyelesaian terhadap persoalan yang terjadi di tingkat birokrasi saat ini. “Paling tidak bisa memberi edukasi bagi masyarakat, birokrat, bahkan setingkat kepala desa sekalipun untuk tidak melakukan tindakan korupsi,” ujarnya.

Marwan meminta, buku tersebut dapat menjadi salah satu bacaan pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Terutama para kepala desa yang nanti menduduki jabatan baru setelah melewati tahap pemilihan. “Buku ini bisa jadi referensi,” tambahnya.

Soal Widyaiswara, Bupati pun meminta agar menguatkan nilai-nilai kebangsaan ditanamkan lebih kuat dalam pendidikan dan pelatihan, baik pada diklatpim IV maupun diklatpim III. Dalam diklat kepemimpinan harus digembleng sikap dan prilaku aparatur sehingga para pegawai betul-betul memiliki integritas tinggi yang pada akhirnya pelayanan yang diberikan para pegawai dapat memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga kehadiran buku sederhana tentang apersepsi, modus, dan kasus korupsi ini bisa menambah lagi khazanah literasi yang praktis bagi pembaca yang ingin menambah wawasan informasi antikorupsi,” pungkasnya. (hms/ade/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *