Menanti Kejutan The Doctor

by -

METROPOLITAN – Valentino Rossi siap bangkit. Pebalap Monster Energy Yamaha itu membidik kemenangan di MotoGP Ceko yang akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (4/8). The Doctor merupakan pebalap aktif yang paling banyak merajai Sirkuit Brno sebanyak empat kali di kelas MotoGP. Sayangnya, pria asal Italia itu sudah lama meraih keme­nangan di Ceko. Sudah satu dekade Rossi gagal merasakan manisnya juara di MotoGP Ceko.

Dia sebelumnya pernah meraih kesuksesan di sana saat menung­gangi motor di kelas 125cc pada 1996. Setelah merebut kemenangan pertamanya di kejuaraan Grand Prix balap motor, keran kemenangan te­rus mengalir.

Pada 1999, Rossi kembali ber­diri gagah di podium pertama saat tampil di kelas 250cc dan kemenangan di kelas 500cc pada 2001. Di kelas elite, Ros­si pernah menancapkan na­manya sebagai pemenang pada 2003, 2005, 2008 dan 2009.

Momen terakhir kali Rossi menjadi juara di Sirkuit Brno pada 2009, ia mengalahkan dua pebalap Spanyol, Dani Pe­drosa dan Toni Elias. Setelah satu dekade berlalu, Rossi pun ingin mengakhiri paceklik ke­menangannya di Brno. ”Saya merasa baik, terkonsentrasi, dan termotivasi. Saya tidak sabar untuk kembali ke lintasan di Brno,” kata Rossi.

Namun, Rossi harus bekerja keras. Pasalnya, ia masih kesu­litan menangani Yamaha YZR-M1 dalam empat balapan terakhir, tiga di antaranya gagal menyentuh garis finis. ”Saya tidak memiliki sentuhan yang baik dengan motor. Kami harus menemukan cara mengenda­likan motor,” ucap pebalap berusia 40 tahun tersebut.

Rossi mencoba identifikasi hasil buruk yang diraihnya di empat seri MotoGP terakhir. Ia mengaku ingin mengubah se­telan mesin motornya mulai di Brno nanti. ”Sepertinya mo­tor butuh setelan berbeda di­bandingkan tahun lalu. Makin kentara buat saya dan Franco Morbidelli setelan seperti ini sulit,” imbuhnya. ”Apalagi saat Quartararo meraih hasil lebih baik dan sangat kuat. Jadi kami harus mengerti soal ini,” sam­bung mantan pebalap Honda dan Ducati itu. (lip/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *