Mulai 17 Agustus Dilarang Pakai Plastik

by -4.7K views

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengambil langkah konkret untuk menanggulangi sampah plastik, dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 Tahun 2019. Aturan itu mengatur peng­gunaan plastik dan styrofoam untuk toko modern, pusat per­belanjaan, hotel, restoran dan kafe. Penerapannya pun digen­carkan dengan program khu­sus yang diberi nama Asri Tanpa Plastik (Antik) dan mu­lai diberlakukan 17 Agustus nanti.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Atis Tardiana mengata­kan, perbup itu adalah bentuk kegelisahan karena sejauh ini plastik sudah menjadi masalah. Ia pun mengundang seratus perwakilan dari hotel, pusat perbelanjaan, kafe dan restoran untuk menyosialisaskan pro­gram Bogor Antik tersebut.

Atis juga menjelaskan nanti­nya pelaku usaha boleh meny­ediakan dan menjual kantong daur ulang ataupun tas be­lanja untuk pengganti plastik. ”Kami mengharapkan kalau sudah terbiasa tidak meng­gunakan plastik lagi pasti nanti­nya kualitas hidup kita juga akan lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub­bidang Barang dan Kemasan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ujang Solihin mengatakan, langkah Pemkab Bogor sudah sangat baik dengan mengeluarkannya perda yang mengatur sampah plastik.

Sebab, menurut data yang dipegang KLHK, sejauh ini Indonesia adalah negara kedua penyumbang sampah plastik terbanyak setelah Tiongkok. ”Indonesia adalah penyumbang sampah plastik setelah Tiong­kok dengan 3,27 juta metrik ton per tahun. Sehingga lang­kah preventif dari bawah se­perti ini adalah langkah yang bagus,” ucapnya. (cr2/c/els/ run)

Loading...