Optimalkan Energi Surya

by -

SURABAYA, Jawa Pos – Energi surya bisa menjadi solusi penyediaan listrik yang berkelanjutan, aman, dan kompetitif bagi Indonesia untuk ke depan. Sebab, potensi energi surya yang dimiliki Indonesia cukup besar. Senior Expert Solar Martijn Schootstra mengatakan, tren biaya pembangkitan tenaga listrik dari sinar matahari sudah semakin kompetitif.

Karena itu, hal tersebut dapat membuat listrik surya mampu bersaing dengan pembangkit-pembangkit yang menggunakan bahan bakar fosil. ”Tenaga surya sudah jauh lebih murah selama 40 tahun terakhir, terutama dalam 10 tahun belakangan ini. Kondisi ini tentu bisa menjadi momen bagi Indonesia untuk membuat negaranya jauh lebih ekonomis dalam pengadaan listrik,” tutur Martijn kemarin (27/8).

Terlebih lagi, lanjut dia, Indonesia memiliki kondisi yang sempurna. Letaknya berada di garis ekuator dan memiliki perbedaan antarmusim yang tidak terlalu mencolok. ”Jadi, sebenarnya dari segi teknis dalam hal pengembangan energi surya, di Indonesia tidak ada hambatan. Peluangnya besar untuk digarap,” tutur Martijn.

Dia mencontohkan, sekarang di Belanda sudah semakin banyak warganya yang telah memanfaatkan listrik bertenaga surya untuk kehidupan sehari-hari. ”Saya bisa katakan bahwa kondisi Indonesia saat ini berada pada posisi yang sama dengan Belanda 10 tahun yang lalu,” ungkapnya. Awalnya, dia berpikir penggunaan energi surya tidak akan dilakukan di Belanda karena di sana tidak ada matahari dan cuaca yang mendukung. ”Tapi, nyatanya sekarang sudah hampir 10 persen dari rumah tangga di Belanda telah menggunakan energi surya,” imbuhnya.

Besok (29/8) Jawa Pos akan membahas lebih dalam tentang energi baru terbarukan, khususnya energi surya, dalam diskusi Ruang Ide bertajuk Mantap Beratap Energi Baru. Hadir sebagai pembicara adalah Dirjen EBTKE Kementerian ESDM F.X. Sutijastoto, Martijn Schootstra, dan praktisi atap Anthony Utomo. (car/c12/oki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *