Panitia Pilkades Mulai ‘Digembleng’

by -

CIJERUK – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 3 November 2019 mendatang, Pemerintah Kecamatan Cijeruk menggelar bimbingan teknis (bimtek) di GOR Bulutangkis, kemarin. Peserta sebanyak 135 orang terdiri dari panitia tingkat desa, BPD dan sekdes serta kepala seksi pemerintahan desa.

Camat Cijeruk Hidayat Saputra Dinata menerangkan pentingnya bimtek bagi panitia Pilkdes untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada panitia. Tujuannya agar terwujud Pilkades yang lancar, aman dan sukses. Ada beberapa materi bimtek seperti peningkatan kapasitas, anggaran, sosialisasi, Standar Operasi Prosedur (SOP), termasuk update soal jumlah pemilih sampai syarat-syarat pendaftaran. “Semua harus sesuai peratuan bupati. Harus dipahami dan diketahui panitia,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, pemerintah kecamatan ingin tertib administrasi. Sebab dalam berbagai persyaratan banyak balon kades berbeda dalam melengkapi administrasinya. Para calon juga tidak dipungut biaya. “Kita ingin tertib administrasi, bukan kita halangi yah karena selama ini SKCK beda, surat keterangan rumah sakit beda,” katanya.

Pilkades, lanjut dia, mencari seorang figur kepala desa yang bisa memimpin desa sesuai administras yang dikeluarkan bupati. “Saya tegaskan kembali balon kepala desa tidak dipungut biaya apapun dan panitia harus netral,” ujarnya. (nto/b/els)

Loading...