PD PPJ Gandeng Dinkes Jadikan Pasar Sehat

by -20 views
PASAR BERSIH: PD PPJ beserta Dinkes Kota Bogor saat memberikan bantuan berupa celemek kepada para pedagang di Pasar Gunungbatu, beberapa waktu lalu.

METROPOLITAN – Peru­sahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) berupaya menjadikan pasar sehat di Kota Bogor melalui bantuan celemek bagi pedagang daging, ikan dan ayam potong di Pa­sar Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat. Tak hanya cele­mek, kedua lembaga ini pun menyebarkan pamflet tentang program kesehatan.

Celemek yang diberikan Dinkes Kota Bogor kepada para pedagang merupakan celemek berbahan terpal lem­but namun tidak mudah so­bek dan mudah dibersihkan. Ini dilakukan demi kebersihan, kenyamanan dan sterilisasi pedagang ketika berdagang.

Sebelumnya, Dinkes Kota Bogor sudah memberikan beberapa penyuluhan serta sosialisasi tentang ketentuan pasar sehat se­suai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 519 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pa­sar Sehat. Semua itu disosia­lisasikan secara terus-mene­rus tentang pasar sehat, ruang menyusui dan ketersediaan ruang khusus menyusui (ASI) di pertokoan dan pusat per­belanjaan.­

Kepala Pasar Gunungbatu, Iwan Arief Budiman, menga­takan, program ini sangat baik untuk pedagang pasar. Bahkan tentang ASI ada perwali yang mengaturnya yakni Perwali Nomor 26 Tahun 2017.

“Perwali ini berbunyi tentang pemberian air susu ibu eksklu­sif bahwa tempat perbelan­jaan harus menyediakan ruang menyusui/ruang lak­tasi,” katanya.

Iwan berharap pendam­pingan advokasi dan saran teknis tentang pasar sehat bisa diteruskan ke semua pasar di Kota Bogor oleh dinkes. “Sebab, di pasar itu begitu banyak koneksi ma­nusia, sehingga diperlukan sanitasi dan fasilitas sampai perilaku sehat,” sambungnya.(*/yok/py)