Pemdes Cijeruk Budidayakan Tanaman Hidroponik

by -78 views

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, terus mengembangkan tanaman hidroponik. Selain tak memerlukan lahan yang luas, tanaman ini juga hanya memer­lukan media air dan dapat lebih cepat tumbuh. Termasuk pemakaian pupuk dan air lebih hemat serta efisien.

”Tanaman ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh keluarga. Lingkungan rumah juga menjadi bersih karena tak banyak tanah yang digunakan. Dan saat ini sudah diterapkan di Balai Desa Cijeruk maupun di kantor kecamatan,” tutur Sekretaris Desa Cijeruk Jumy Palsa, kemarin.

Keberadaan tanaman hidroponik ini sekaligus untuk menyukseskan program ketahanan pangan. Sebab, tanaman ter­sebut cocok menjadi salah satu alterna­tif tanaman yang bisa dikembangkan di wilayah setempat. ”Sehingga sayuran hidroponik ini akan terus disosialisasikan oleh pemdes kepada masyarakat dan memasukkan program ini sebagai budi­daya sayuran, yang masuk anggaran APBDes 2020,” bebernya.

”Keluarga yang memiliki halaman rumah yang sempit dan tidak memi­liki lahan yang luas, hidroponik cocok dikembangkan dan dimanfaatkan warga. Untuk sementara ini baru pe­rangkat desa, BPD dan para ketua RT/ RW yang ikut membudidayakan hidro­ponik ini,” tandasnya. (nto/b/yok/run)