Peringatan Hari Pramuka di Bogor Sabet Rekor Dunia

by -140 views

METROPOLITAN.id – Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tingkat Jawa Barat di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor menorehkan rekor nasional dan dunia, Kamis (22/8). Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan rekor untuk superlatif atau pagelaran koloni terbanyak yang melibatkan jumlah peserta mencapai 17.100.

Pantauan Metropolitan, tribun Stadion Pakansari yang memiliki kapasitas penonton lebih dari 30.000 ini memang sangat ramai oleh anggota Pramuka yang hadir dari berbagai penjuru Jawa Barat. Gelora semangat begitu terasa di stadion bertaraf internasional tersebut. Berbagai pertunjukan disajikan untuk memeriahkan suasana.

Piagam rekor MURI diterima langsung Ketua Kwarda Jabar Dede Yusuf Dan Ketua Kwarcab Bogor Didi kurnia beserta Mabicap Kabupaten Bogor Ade Yasin. Hadir pula dalam kegiatan ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Senior manager Muri, Awan Rahargo mengatakan, hari ini MURI kembali memberikan catatan kebanggan untuk Indonesia. Gerakan Pramuka telah menunjukan semangat yang digelorakan demi Indonesia tercinta.

“Pada hari ini muri mencatat pagelaran koloni terbanyak di dunia, sebanyak 17 ribu peserta memperingati HUT ke-58 Pramuka. Karenanya, dengan bangga dan hormat, prestasi rekor dunia ini dicapai olehbgarda gerakan Pramuka Jabar,” kata Awan.

Menurutnya, rekor superlatif merupakan peristiwa dengan kriteria MURI. Di mana dalam pelaksanaan kegiatannya melibatkan jumlah peserta terbanyak atau peristiwa yang terukur jumlah waktunya.

“Dan hari ini parade pagelaran koloni peserta Pramuka merupakan persitiwa terbanyak tidak hanya nasional, tapi dunia. Saya pun juga tidak pernah melihat ini dilakukan di dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin merasa bangga. Selain mendapat rekor MURI, dirinya bangga karena Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Jabar.

“Merupakan kebanggaan bagi kami menjadi tuan rumah peringatan hari Pramuka tingkat Jabar,” kata Ade Yasin saat sambutan. (fin)