Pilkades Cijujung Baru Diminati Delapan Orang

by -
DAFTAR: Salah satu bakal calon kades Cijujung mengembalikan formulir pendaftaran kepada panitia pilkades, kemarin.

SUKARAJA – Panitia penyelenggara Pilkades Cijujung, Kecamatan Sukaraja gencar melakukan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi warga pada pilkades serentak 2019 mendatang. Wakil Ketua Pantia Penyelenggara Pilkades Cijujung S Taman menjelaskan bahwa jika mengacu kepada Pemilu 2019 dan Pilkada 2018 saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa setempat mencapai sekitar 70 persen dari 20 ribu warga. “Saya harap tingkat partisipasi pada Pilkades tahun ini tinggi, seperti saat pemilu lalu,” katanya kepada Metropolitan.

Menyoal DPT di Desa Cijujung, S Timan menambahkan, saat ini pantia masih menunggu DP4 dari Pemkab Bogor khususnya DPMD yang saat ini masih dalam tahap pemutakhiran. Diketahui, Pemkab Bogor membuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa dan di tutup hingga Senin (26/8). Sedangkan untuk Desa Cijujung pendaftaran di tutup pada Sabtu (24/8). Sampai saat ini baru delapan orang yang mengambil formulir pendaftaran. Dua di antaranya telah mengumpulkan berkas formulir pendaftaran salah satunya Budi Susanto Permana.

Tahapan selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi berkas selama 20 hari kerja sesuai peraturan yang berlaku. “Nanti akan ada tes pengetahuan dan tulis kalau jumlahnya melebihi kuota,” katanya.

Taman memprediksi bakal calon lainnya baru akan menyerahkan formulir detik-detik penutupan pada Sabtu (24/8). Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyatakan akan memperketat kualifikasi bagi para bakal calon kepala desa dengan menambahkan indikator seleksi tambahan pada pemilihan Pilkades Serentak di 273 Desa yang akan berlangsung November 2019. (cr2/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *