Positif berkat Infrastruktur

by -737 views

SURABAYA, Jawa Pos – Beroperasinya tol trans-Jawa mulai tahun ini berdampak positif pada penjualan kendaraan niaga. Khususnya, bus dan truk. Sebab, sarana transportasi yang melintasi Pulau Jawa menjadi lebih lancar. Presiden Direktur PT Kedaung Satrya Motor Tjipto Adi Hidajatno yakin permintaan kendaraan niaga akan terus meningkat.

Sebab, jumlah jalanan yang boleh dilintasi bus dan truk bertambah berkat tol. Di samping itu, durasi waktu tempuh menjadi lebih singkat dan efisien. ”Dengan infrastruktur ini akan semakin berkembang. Dahulu, di jalanan nasional tidak bisa lewat,” ujarnya kemarin (22/8).

Tjipto mengatakan bahwa masih banyak operator truk yang tidak mengikuti aturan dari Dirjen Perhubungan Darat. Karena itu, dia berharap pemerintah tegas. ”Yang sekarang beredar di jalanan kan masih kacau balau. Jika nanti ditertibkan, banyak yang meremajakan truk atau ganti baru,” terangnya.

Karena itu, dia yakin penjualan Mercedes-Benz pada segmen kendaraan niaga akan meningkat. PT Kedaung Satrya Motor menargetkan penjualan tumbuh 10–20 persen tahun ini. Tjipto optimistis, dilernya akan bisa menjual lebih dari 500 unit.

Dia juga punya harapan besar pada bus double-decker keluaran Mercedes-Benz yang baru kali ini diluncurkan di Indonesia. Mercedes-Benz MB 2542 DD itu berkapasitas 65 penumpang. Selain bus, ada dua truk baru yang Tjipto pamerkan. Yakni, Axor 4928 dan Actros 2636. (ell/c25/hep)