Posyandu Cempaka Optimis Juarai Lomba Tingkat Kabupaten Bogor

by -35 views
PENILAIAN: Tim penilai lomba tingkat Kabupaten bersama Sekcam Leuwiliang mendatangi Posyandu Cempaka, kemarin.

LEUWILIANG – Posyandu Multifungsi Cempaka XI di Kampung Cengal, RT 04/05, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang masuk empat besar lomba posyandu tingkat Kabupaten Bogor.

Untuk memperebutkan juara satu tingkat kabupaten Bogor, tim Penilai lomba Posyandu Kabupaten Bogor meninjau langsung guna penilaian. Dalam kunjungan tersebut, tim penilai disambut langsung sekretaris kecamatan (sekcam) leuwiliang, pjs desa karacak, kader posyandu.

Ketua Tim Penilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten, Yustika mengatakan, penilaian lomba posyandu ini bagian dari evaluasi keberadaan serta perkembangan posyandu.

Dalam penilaian, pihaknya akan mencermati sejauh mana upaya-upaya perkembangan posyandu, kelembagaannya, kesehatan, inovasi dan dukungan dari pokja serta kecamatan. “Posyandu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan pemerintah. Maka penilaian ini ditujukan pula untuk penilaian bagi pokjanal (kelompok kerja operasional) kecamatan, dan posyandu desa,” ujarnya.

Ia menambahkan, lomba Posyandu diikuti 40 Kecamatan, setelah diverifikasi akhirnya mengerucut ke empat besar yakni Desa Lembahduhur, Kecamatan Caringin, Desa Situilir Cibungbulang, Desa Puspasari, Kecamatan Citereup dan Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang.

“Hasil cek di lapangan nantinya dibahas bersama. Bulan ini bisa diketahui juara satunya posyandu mana. Juara satu lomba posyandu tingkat Kabupaten, nantinya mewakili di lomba posyandu tingkat Jawa Barat,” bebernya.

Pjs Kepala Desa Karacak, R Ayi Kusuma mengaku sangat bangga posyandu Cempaka masuk empat besar di Kabupaten Bogor. Banyak hal yang membedakan posyandu cempaka dengan yang lainnya.

Diantaranya, kekompakan dan kemandirian yakni pembangunan posyandu tidak dibiayai pemerintah tetapi hibah masyarakat. Kelompok wanita tani dengan pembuatan dodol manggis, mengolahan minyak sereh. “Saya optimis posyandu Cempaka bisa menjuara lomba posyandu di tingkat Kabupaten,” katanya.

Sekcam Leuwiliang Ivan menambahkan, dengan terpilihnya Posyandu Cempaka ini bisa menjadikan motivasi para kader desa. “Terpilihnya posyandu ke tingkat Kabupaten Bogor menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sekaligus penyemangat para kader untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”tukasnya. (ads/b/els)