Punya Tabungan Kurban, Antam Sembelih Empat Kerbau

by -27 views

NANGGUNG – Merayakat Hari Raya Idul Adha, PT Antam Tbk UBPE bersama Panitia DKM Masjid Al-Muhajirin dan DKM Baitukuli Mukminin menyerahkan dan memotong hewan kurban. Ada tiga jenis hewan yang dikurbankan yakni kerbau, sapi dan domba. Dua ekor sapi diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Polres Bogor untuk warga di  sekitar Cibinong Raya.

Selain itu juga perusahaan juga menyerahkan 45 ekor kambing untuk 11 desa dan muspika Kecamatan Nanggung. Tak hanya itu, pengumpulan hewan kurban juga dilakukan melalui Panitia DKM Al Muhajirin di lingkup karyawan. Ada satu ekor sapi dan 8 ekor kambing. Sedangjan melalui Panitia DKM Baitukuli Mukminin komplek karyawan dapat terhimpun hewan kurban empat ekor kerbau, lima ekor sapi dan  37 ekor kambing.

Pelaksanaan ibadah kurban dipusatkan di Masjid Baitu Kuli Mu’minin, Perumahan Tegalega Permai yang diawali dengan pelaksanaan salat Idul Adha. Penyembelihan hewan dilaksanakan bersama-sama karyawan dan masyarakat sekitar komplek. Hal yang menarik setiap kegiatan kurban adalah pengumpulan hewan kurban karyawan dilaksanakan dengan pengumpulan dana melalui  “Tabungan Kurban” yang dihimpun setiap bulan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2015.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha selanjutnya diserahkan hewan kurban kepada wakil dari 11 desa dan muspika kecamatan Nanggung setelah hewan kurban disembelih terlebih dahulu oleh panitia kurban. Pelaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan membentuk kelompok kerja dengan jumlah 7 orang untuk setiap 1 ekor kerbau atau sapi dan 2 orang u 1 ekor kambing.

Melalui pembagian kelompok kerja ini, panitia dapat mengatur proses pemotongan hingga pengemasan daging kurban untuk disalurkan kepada masyarakat sekitar wilayah operasional Perusahaan. Total hewan kurban pada Idul Adha tahun ini berjumlah 8 ekor sapi, 4 ekor kerbau dan 76 ekor domba.

General Manager UBPE Purwanto mengatakan, berkurban ini salah satu bentuk kepedulian dan rasa syukur perusahaan atas kegiatan usaha selama ini. Melalui kurab juga, ia meminta dukungan doa seluruh masyarakat dis ekitar wilayah operasi UBPE. “Semoga karyawan dan karyawati selalu mendapatkan keselamatan dalam kerja dan perusahaan dapat beroperasi lebih baik lagi,” harapnya. (*/els)