Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Dua Kecamatan

by -35 views
KORBAN: Rumah milik Abdul Ajis, warga Kampung Cibuntu Kebonjeruk, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, roboh disapu angin puting beliung.

CIAMPEA – Angin puting beliung disertai hujan deras yang menerjang Kecamatan Ciampea dan Dramaga, pada Rabu (28/8), sekitar pukul 14:30 WIB. Akibatnya, tiga rumah rusak ringan dan satu rumah roboh milik Abdul Ajis warga Kampung Cibuntu Kebonjeruk RT 03/04, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea.

Tidak hanya rumahnya yang roboh, Abdul Ajis juga mengalami luka di bagian kepala akibat terkena jatuhan material bangunan. “Pemilik rumah yang mengalami luka ringan akibat terkena material bangunan sudah dibawa ke rumah sakit. Karena rumahnya rusak, keluarga Abdul Ajis sementara mengungsi di rumah keluarga terdekat,” ujar Pjs Kepala Desa Cibuntu Bedi.

Bedi mengatakan, bencana alam puting beliung yang menyebabkan empat rumah warga yang rusak  sudah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Bogor. Menurut keterangan warga, rumah Abdul Ajis hanya dipasang baja ringgan karena bakal di bangun dua lantai. Ketika angin kencang, baja ringan tak kuat menahan hingga menyebabkan atap rumah roboh.

Tidak hanya di Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, rumah warga di dua desa, Kecamatan Dramaga, porak-poranda akibat puting beliung. Kencangnya tiupan angin puting beliung itu juga menyebabkan dua tiang listrik di Desa Sukawening tumbang ke jalan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun Pemerintah Desa (Pemdes) Cibuntu sudah datang memberi bantuan kepada para korban.

Sekretaris Desa Neglasari, Engkos Kosasih mengatakan, angin puting beliung disertai hujan lebat menyebabkan 13 rumah warga rusak ringan dan berat di tiga kampung. Rumah warga yang mengalami rusak berat yakni milik Enu, warga Kampung Baru RT 02/06.

Pemerintah Desa Neglasari, sudah melaporkan adanya bencana alam angin puting beliung yang merusak rumah warga ke Pemerintah Kecamatan Dramaga. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sedangkan, keluarga Enu yang rumahnya rusak parah, memilih tinggal di rumah saudara,”ujarnya.

Kepala Desa Sukawening, Jarkasih menambahkan, dua tiang listrik juga tumbang ke jalan. Pemdes langsung menghubungi pihak PLN, agar bisa langsung di perbaiki dan aliran listik kembali normal. “Tidak ada korban jiwa, sepuluh rumah warga rusak ringan terkena sapuan puting beliung di Kampung Kalong,” tukasnya. (ads/c/els)