Rayakan Kemerdekaan sambil Jaga Tradisi Leluhur

by -22 views
JAGA TRADISI: Warga Kampungjati, Desa Tonjong, saat menggelar acara syukuran dalam memperingati HUT ke-74 RI.

Tajurhalang – Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, warga Kampung Jati Desa Tonjong menggelar acara syukuran sekaligus peringatan seribu hari wafatnya almarhum Koh Gi Gin, salah satu tokoh masyarakat RT 3 RW 6 Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang, pada Sabtu (17/8) malam.

Menurut sesepuh warga setempat, Kan Suih (49), selain bentuk rasa syukur memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74. Peringatan 1.000 hari wafatnya almarhum Koh Gi Gin juga dilakukan sebagai upaya menjaga tradisi leluhur masyarakat etnis Tionghoa yang ada di wilayahnya. “Acara ini sekaligus menjadi media silaturahmi antara seluruh warga disini khususnya RW 6 dan umumnya warga Desa Tonjong.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Tonjong, Wijaya mengatakan, keberagaman etnis dan agama di wilayah Desa Tonjong sudah menjadi ikon keharmonisan kehidupan masyarakat di wilayah desa tersebut.

Pria yang akrab disapa Kakay ini mengaku bangga dengan eratnya kerukunan dan silaturahmi warga Desa Tonjong.

“Semangat persatuan dan kesatuan antara seluruh warga masyarakat inilah yang telah membuat Indonesia merdeka,” ujarnya di lokasi kegiatan.

Dia menegaskan, keharmonisan dalam agama, budaya, suku dan ras yang ada di seluruh wilayah Indonesia khusunya Desa Tonjong, menjadi modal utama kekuatan membangun wilayah. “Dengan bersatunya seluruh warga, maka pembangunan akan lebih dikerjakan. Sehingga kesejahteraan dan keadilan di tengah masyarakat akan terus meningkat,” pungkas pria yang juga mantan kepala Desa Tonjong ini. (khr/b/els)