Rudy Susmanto Calon Kuat Ketua DPRD

by -

METROPOLITAN – Sebagai partai pemenang pemilu 2019 di Kabupaten Bogor, Partai Gerindra bakal mendapat jatah kursi ketua DPRD. Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Gerindra Iwan Setiawan mengaku sudah mengirimkan tiga nama calon ketua DPRD untuk periode 2019-2024.

Menurut Iwan, ada Kukuh, Heri Aristandi dan Rudy Sus­manto yang diajukan untuk menjadi pimpinan dewan. Tiga orang tersebut saat ini sedang menjalani fit and pro­per test di Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Gerindra di Ja­karta. ”Yang saat ini sedang digodok adalah ketua DPRD atau pimpinan dewan dan ketua fraksi, yang nantinya dalam satu SK akan mengelu­arkan dua nama,” ujarnya.

Terkait nama-nama yang dicalonkan untuk ketua frak­si, Iwan masih enggan blak­blakan. Sebab, menurutnya, posisi ketua fraksi lebih stra­tegis daripada ketua dewan. ”Tapi ada orang yang sudah daftarkan dalam ketua dewan masuk juga ke calon ketua fraksi. Jadi kan kalau tidak masuk sini (ketua dewan, red), bisa masuk sini (ketua fraksi, red). Bisa dobel kalau anak kesayangan,” imbuhnya.

Sebagai orang yang saat ini menduduki jabatan wakil bupati, Iwan mengaku me­mang nama-nama yang di­calonkan itu bukan hanya penilaian dari DPC tapi juga penilaian subjektif da­rinya. Namun bukan berda­sarkan perolehan suara terbanyak saat pemilu lalu. ”Pertimbangannya ya harus memiliki track record, baik itu prestasi kinerja ataupun lama kerja. Karena tidak bisa sekonyong-konyong masuk, nanti apa kata dunia,” tandasnya.

Dari tiga nama yang diajukan, nama Kukuh Sri Widodo ter­masuk anggota DPRD incum­bent dari Dapil I Kabupaten Bogor. Dua di antaranya Heri Aristandi dan Rudy Sus­manto termasuk anggota DPRD wajah baru. Heri be­rangkat dari Dapil III Kabu­paten Bogor. Pria yang akrab disapa Anen itu tercatat se­bagai wakil ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor Bidang OKK. Sedangkan Rudy Susmanto terpilih dari Dapil I Kabupaten Bogor dari Partai Gerindra. Rudy menjabat ketua Nusantara Polo Club, sebuah komunitas olahraga berkuda yang dike­nal dekat dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon sempat menyebut figur yang akan menempati posisi ketua DPRD Kabupaten Bogor tak mesti muka lama atau ang­gota DPRD yang sudah duduk di kursi DPRD sebelumnya. Sehingga wajah-wajah baru memiliki peluang sama. “Bi­sa saja (wajah baru, red). Nanti tergantung masukan dari bawah (DPC Gerindra Kabupaten Bogor, red) dulu,” kata Fadli Zon.

Untuk kriteria, dirinya menga­ku banyak hal yang harus dip­enuhi. Yang jelas, ketua DPRD dari Gerindra harus menjadi representasi wajah partai di parlemen. “Kriteria, macam-macam. Tentu harus menjadi representasi wajah dari partai. Pertimbangan lainnya bisa dari pengalaman, integritas, kapasitas dan kapabilitas. Saya rasa itu yang jadi pertimbangan,” terangnya.

Sementara itu, faktor pen­galaman juga dinilai men­jadi pertimbangan penting dalam penentuan kursi ketua DPRD lantaran aktif sejak lama dan memiliki pengala­man yang cukup. Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Partai Gerindra Kukuh Sri Widodo mengatakan, DPRD berisi orang-orang dari lintas partai. Ketua DPRD harus paham soal kondisi dewan serta memiliki komu­nikasi yang baik dengan partai-partai yang ada. “Pen­ting pengalaman. Karena di DPRD ini banyak partai, ha­rus mengerti juga kondisi teman-teman di luar. Karena komunikasinya tidak hanya di internal partai, tapi juga ke eksternal. Kalau yang lain belum tentu,” kata Kukuh, belum lama ini. (cr2/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *