Sampah Plastik Padati Kali Cibeureum

by -21 views

METROPOLITAN – Program Bogor Tanpa Kantong Plas­tik (Botak) yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, nyatanya belum ber­hasil mengurangi sampah plastik di Kota Hujan. Se­perti di Kali Cibeureum, Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, masih dipenuhi sampah plastik.

Sampah plastik tersebut menumpuk dan menghambat aliran air kali serta tersebar di sepanjang Kali Cibeureum. Selain menghambat aliran air, sampah juga membuat warna air menjadi keruh dan bau.

Lurah Mulyaharja, Makmur Sofyan, mengatakan, pihaknya senantiasa menyampaikan imbauan agar warga tidak membuang sampah ke kali. Mulyaharja memiliki tempat pembuangan dan pengelo­laan sampah 3R (reuse, re­duce, recycle).

”Kali Cibeureum itu kan tak hanya melalui Mulyaharja, tapi dilalui dua desa dari Ka­bupaten Bogor juga, yakni Desa Sukamantri dan Suka­harja. Lalu satu kelurahan lainnya dari Kota Bogor, yaitu Kelurahan Cikaret,” tu­turnya.

Sofyan menyebutkan, keba­nyakan sampah terbawa dari hulu Kali Cibeureum di Pondok Bitung. Karena itu, dia yakin sampah-sampah di Kali Cibeureum bukan akibat tindakan warga Mulyaharja. Kendati demikian, Sofyan berniat membersihkan Kali Cibeureum.

”Kalau warga desa lain, saya nggak tahu ya apakah mem­buang sampah ke kali atau tidak. Mau menegur juga bu­kan wewenang saya kan. Cuma saya berniat member­sihkan Kali Cibeureum itu dalam waktu dekat,” jelasnya.

Selanjutnya, Sofyan akan berkoordinasi dengan ke­pala desa terkait pembersihan Kali Cibeureum. ”Sebelumnya kita sudah melakukan nor­malisasi di Kali Cipinang Gading di RT 03/04 Cibeu­reum Jempol sekitar dua minggu lalu atau awal Agus­tus. Kita juga sudah membe­rikan imbauan dan larangan ke warga agar tidak membu­ang sampah ke Kali Cibeu­reum. Kalau masih ada, itu warga yang bandel,” ucap Sofyan.

Seorang pedagang es buah yang berjualan di samping Kali Cibeureum, Robi Darwis (26), mengatakan, kebanyakan sampah terbawa dari hulu Kali Cibeureum. Namun warga dan sejumlah pedagang di sekitar lokasi sering juga membuang sampah ke kali.(dtk/mam/py)