Sandi Dinilai Tepat Gantikan Zulkifli Hasan

by -
KOMPAK: Sandiaga Uno dan Zulkifli Hasan foto bersama kader PAN, beberapa waktu lalu. Sandiaga Uno dinilai tepat menggantikan Zulkifli Hasan sebagai ketua PAN.

METROPOLITAN – Nama Sandiaga Salahudin Uno atau Sandiaga Uno masuk bursa ketua umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN). Sandi dinilai sebagai figur yang tepat untuk menggantikan Zulkfili Hasan.

Namun, tak hanya Sandi, ada dua nama lain dari nonpar­tai yang diprediksi menjadi calon ketum PAN. Yakni Gu­bernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Uni­versitas Islam Negeri (UIN), Adi Prayitno, me­nilai dari ketiga nama itu,  Sandiaga Uno paling berpeluang menjadi penerus Zulkfli Hasan di PAN. Sandi paling berpeluang mencetak rekor orang pertama dari nonpartai yang jadi ketum PAN.­

Alasannya, Sandi dikenal se­bagai saudagar kaya yang me­miliki banyak dana. “Selain itu, di antara ketiga nama yang muncul tersebut, Sandi paling banyak mendapat dukungan dari rakyat dan bisa mendong­krak suara PAN. Sandi adalah pemilik modal yang luar bia­sa. Sehingga mungkin bisa mendanai PAN ke depan,” katanya.

“Sandi merupakan mantan kader dari Gerindra. Adi me­nilai bahwa hubungan antaran PAN dan Gerindra bisa saja menegang andai Sandi didau­lat jadi ketum partai mata­hari. Jadi kalaupun muncul nama Sandiaga, kita perlu telusuri mendalam apa moti­fnya,” sambungnya.

Sebelumnya dikabarkan, Po­litisi Senior PAN, Icu Zulkafril, mengungkapkan adanya ke­inginan kader untuk meng­ganti ketum partai pada rapat kerja nasional (rakernas) atau kongres nanti. Ia mengatakan, calon pimpinan tertinggi par­tai bisa dari dalam alias kader atau anggota baru yang akan mendaftar. ”Ganti itu biasa saja. Pak Amien satu kali ketum, di Mas Tris (Soetrisno Bachir) juga satu kali, Hatta Rajasa satu kali. ya Zul (Zulkifli Hasan) juga satu kali,” kata Icu Zulkafril. (rml/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *