Sehari, RPH Bubulak Potong 50 Ekor Sapi

by -37 views

METROPOLITAN – Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak setiap hari memotong 50 ekor sapi. Daging ini nantinya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi di Kota Hujan. Hal ter­sebut diungkapkan Kepala UPTD RPH Kota Bogor, Di­dong Suherdi. “Kebanyakan di konsumsi untuk kuliner sekitar 80 per­sen. 5 persen untuk warga Bogor dan sisanya konsum­si restoran, rumah makan dan perhotelan,” katanya.

Menurut Didong, sejauh ini masyarakat Bogor masih memilih daging impor. Ala­sannya, mudah didapat dan harganya cukup murah. Ber­beda dengan daging lokal yang sulit dicari dan harga­nya cukup mahal. Sementara itu, Kepala UPTD RPH Bubulak Kota Bogor, Dwi Dasawati, men­gatakan, untuk jumlah kon­sumsi daging idealnya ada pada Dinas Peternakan Kota Bogor.

Sebab, RPH Bubulak hanya menerima pelayanan pemo­tongan hewan. ”Sapi yang dipotong di RPH sendiri milik pengguna jasa. Biaya pemotongan itu dengan re­tribusi sebesar Rp35.000 per ekor,” katanya. Sejauh ini, sambung dia, RPH Bubulak sudah memo­tong sapi kurban tiga hari di Hari Raya Iduladha berjum­lah 99 ekor sapi. ”Jumlah pemotongan sapi pada Ha­ri Raya Iduladha pada hari pertama berjumlah 74 ekor, hari kedua berjumlah 20 dan hari ketiga 5 ekor sapi,” ujar­nya.

Dwi menambahkan, keba­nyakan yang potong hewan kurban di Unit Pelayanan RPH itu milik warga, ada juga milik pengguna jasa. Selain ekor sapi, ada juga ekor kambing atau domba yang dipotong di RPH. ”Un­tuk jumlah domba atau kam­bing yang keluar dari RPH Bubulak Bogor sekitar 452 ekor kambing selama Idu­ladha,” imbuhnya.(mul/b/ rez/py)