Selama Iduladha, RPH Kota Bogor Potong 99 Ekor Sapi

by -12 views

METROPOLITAN – Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak Kota Bogor sudah memotong 99 ekor sapi kurban pada Hari Raya Iduladha 1440 Hij­riah. Pemotongan hewan kurban ini berlangsung tiga hari. ”Hari pertama berjumlah 74 ekor, hari kedua 20 ekor dan hari ketiga 5 ekor sapi,” terang Kepala UPTD RPH Bubulak Kota Bogor, Dwi Da­sawati, kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut Dwi, kebanyakan yang potong hewan kur­ban di unit pelayanan RPH itu mi­lik warga. Ada pula milik peng­guna jasa. Selain sapi, ada juga kamb i ng atau domba yang dipo­tong di RPH. ”Untuk domba atau kambing yang keluar dari RPH Bu b u l a k Kota Bogor berjumlah 552 ekor kamb i ng selama Idu­ladha,” ujar­nya.

Dwi me­nambahkan, pada hari pertama RPH sudah memotong 24 ekor domba dan hari kedua 12 ekor. RPH sendiri hanya menerima pe­motongan hewan, bukan menyediakan hewan kurban.

”Kondisi kesehatannya ha­rus diperiksa. Jangan sampai hewan yang akan disembelih ternyata mengidap penyakit. Sebelum disembelih harus membayar retribusi penitipan Rp35.000 per ekor,” katanya. “Sesuai standar operasional, hewan yang akan disembelih dititipkan pemilik di RPH dua atau tiga hari, paling lama lima hari,” sambungnya. (mul/b/rez/py)