Siswa PKBM Dapat Pelatihan Keterampilan

by -

METROPOLITAN – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor  Fahrudin membuka pelatihan Keterampilan Keaksaraan Fungsional dan Keaksaraan Usaha Mandiri yang diikuti 110 Warga Belajar (WB) dari 22 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Fahrudin meminta agar dalam kegiatan pembelajaran keterampilan fungsional ini diperkenalkan sebaik-baiknya karena peserta pelatihan ini diarahkan pada pemberian keterampilan yang bersifat ekonomi produktif dan keterampilan sosial. Sasarannya adalah warga masyarakat kurang mampu atau miskin.

“Bentuk pembelajaran keterampilan fungsional ini harus disesuaikan dengan minat dan kebutuhan warga belajar, serta bersifat fungsional. Seperti, menjahit dan membuat kue. Selain itu sisi spek keterampilan sosial juga harus diperhatikan, terutama dalam membangun jaringan kerja dengan dinas, instansi, lembaga, atau pihak-pihak lain agar mendapatkan informasi, dan memanfaatkan peluang bagi upaya peningkatan kualitas ekonomi warga belajar,” katanya.

Dirinya berharap, program ini dapat terwujud dengan baik. Karena ibu punya andil besar mendidik anak dalam keluarga. Karena jiika ibunya tidak mempunyai kemampuan atau keterampilan yang cukup, maka akan berpengaruh terhadap perkembangan anak dan rumahtangga. “Seorang ibu harus memilki keahlian. Hal ini bisa mendongkrak perekonomian keluarga,” pungkasnya.  (do/ar/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *