SMP Taruna Andigha Didatangi Disdukcapil

by -66 views
JEMPUT BOLA: Kepala SMP Taruna Andigha, Aldilah Rahman, saat memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswanya, kemarin. Disdukcapil Kota Bogor pun ‘jemput bola’ dengan membagikan KIA kepada masyakarat, khususnya sekolah-sekolah.

METROPOLITAN – Program Kartu Identitas Anak (KIA) resmi diluncurkan sejak awal tahun di Kota Bogor. Namun daya tarik masyarakat untuk mendapatkan hak sipil anak itu rupanya tidak terlalu tinggi.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor pun ‘jemput bola’ dengan membagikan KIA kepada masyakarat, khusus­nya sekolah-sekolah. SMP Taruna Andhiga menjadi se­kolah kedua yang berkesem­patan mendapatkan pelayanan langsung KIA di aula Yayasan Ibnu Hadjar, kemarin.

Kepala Seksi (Kasi) Sistem Informasi Administrasi Ke­pendudukan (SIAK) Disduk­capil Kota Bogor, Mugi Lasto­no, mengatakan, pihaknya kerja bareng dengan KPAI Kota Bogor dalam pelayanan dan pencetakan penerbitan KIA untuk tingkat siswa SMP. Sebelumnya ini sudah dila­kukan di SMP Bina Graha.

“Untuk program KIA Manfaat di SMP Taruna Andigha diik­uti 130 pendaftar, sehingga 80 di antaranya siswa domi­sili Kota Bogor. Jadi hanya cetak 80 KIA, program ini juga menjadi trigger atau pe­micu bagaimana masyarakat untuk memiliki KIA,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilangsungkan tak seka­dar membagi-bagikan KIA yang sudah rampung, tetapi berba­gai manfaat yang bisa dipero­lah saat anak memiliki KIA. Sehingga daya tarik warga membuat KIA menjadi tinggi. “Rencananya ada tujuh yang akan kita kunjungi, dua sudah, jadi lima lagi. Kami tidak mau sekadar bagi-bagi, tapi siswa dan sekolah nggak tahu man­faat KIA,” katanya.

Dengan tema ‘KIA Manfaat’, diselingi juga sosialisasi ten­tang pemenuhan hal sipil anak, bagaimana mendapatkan dokumen KIA dan keuntung­an apa saja ketika memiliki KIA. Disdukcapil juga tengah menyempurnakan manfaat KIA melalui kerja sama dengan beberapa pengusaha. “Agar KIA ini bisa punya manfaat lebih, tak sekadar identitas diri,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ke­pala SMP Taruna Andigha, Aldilah Rahman, menyambut baik program ’KIA Manfaat’ mendatangi sekolah yang dipimpinnya. Sehingga orang tua siswa dimudahkan ka­rena tidak perlu datang langs­ung ke Disdukcapil untuk membuat KIA, tetapi difasi­litasi sekolah. Apalagi, ba­nyak manfaat dari KIA yang bisa diperoleh siswa, di anta­ranya untuk persyaratan me­lanjutkan sekolah hingga pembuatan buku tabungan atau rekening.

“Selain itu untuk membuat paspor juga. Ada juga kerja sama dengan pengusaha agar pemilik KIA bisa mendapatkan potongan harga, misalnya saat belanja di merchant buku. Ini akan didorong terus, karena kan bermanfaat untuk anak-anak,” pungkasnya. (ryn/c/yok/py)