Sukses Bangun Jiwa Nasionalisme Warga Puncak

by -

METROPOLITAN – Acara Kirab Bendera Merah Putih di Puncak, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (17/8) berlangsung sukses. Mufaidin menjadi salah satu sosok yang ikut memeriahkan acara ini. Lantas seperti apa tugasnya? Berikut wawancaranya bersama Harian Metropolitan:

Dalam acara ini, Anda bertugas se­bagai apa?

Saya dipercaya menjadi ketua panitia dan salah satu penggagas acara Kirab Bendera Merah Putih di Puncak.

Sejak kapan kegiatan ini digagas?

Sejak jauh-jauh hari, kemudian di­matangkan 23 hari sebelum Hari Ke­merdekaan yang jatuh pada 17 Agustus. Kami mengusung tema ’Dalam Bentuk Membangkitkan Nasionalisme dan Kebinekaan terhadap Bangsa Indone­sia’.

Kenapa memilih mengarak bendera merah putih?

Sebagai bentuk untuk mengajarkan generasi kita supaya bisa menghargai para pahlawan. Sebab, pahlawan dengan segenap hati rela mengorbankan jiwa raganya untuk membela negara Indo­nesia. Sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan saat ini.

Adakah yang lainnya?

Ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT yang telah mem­berikan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Lalu, Kirab Bendera Merah Putih ini kita berikan sebagai kejutan untuk masyarakat Bogor dan Alhamdu­lillah mereka antusias.

Berapa banyak warga yang terlibat dalam kegiatan ini?

Sekitar 1.500 warga yang terdiri dari masyarakat, pelajar hingga mahasiswa. Kita juga melibatkan 15 Paskibraka Ka­bupaten Bogor.

Apakah tujuan utama kegiatan ini?

Targetnya, masyarakat punya jiwa na­sionalisme terhadap pejuang atau para pahlawan yang telah memerdekakan negara kita. Kemudian mempersatu­kan masyarakat dan menjaga kebi­nekaan. Jujur, saya terharu dalam kegiatan Kirab Bendera Merah Putih kemarin. Saya berharap generasi muda dan anak-anak bisa terus mengenang dan meneruskan perjuangan pahlawan.

Target ke depan?

Kita akan buatkan kegiatan yang lebih meriah dengan tema lain. Sudah ada di pikiran dan kita tunggu waktunya.(mul/c/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *