Sukses Serap DD I

by -19 views

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Banyuresmi, Kecama­tan Cigudeg, Kabupaten Bogor, me­realisasi penyerapan program Dana Desa (DD) I, 20 persen Anggaran Penda­patan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Pj Kepala Desa (Kades) Banyuresmi Muhammad Sujai mengaku bersyukur lantaran proses penyerapan bantuan pemerintah pusat, melalui Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor, itu dilaksanakan bergotong-royong.

”Alhamdulillah Banyuresmi guyub. Ini sangat baik, harus dipertahankan. Menjaga kekompakan sangat penting,” kata pria yang akrab disapa Jai itu, kepada Metropolitan, Jumat (23/8).

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga bertugas di Kecamatan Cigudeg itu menjelaskan proses pembangunan tersebut dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan warga Banyu­resmi sehingga cepat rampung.

”Pilot project ini hasil putusan Mu­syawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2018 yang diserap tahun ini,” bebernya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Banyu­resmi Muhamad Kosasih menuturkan, pengerjaan tersebut yakni pengas­palan jalan desa (jaldes) di Kampung Kananga, RW 06, meliputi RT 03 dan 04, hingga Kampung Citempuan, RT 01/09, dengan aspal hotmiks sepan­jang 800 meter dan lebar 2,5 meter.

”Semoga program DD ini berman­faat untuk 6.731 jiwa di 35 RT, 14 RW, tujuh Dusun di wilayah seluas 231,115 hektare tersebut,” pungkasnya. (yos/c/ yok/run)