Tanah Retak, Pemdes Cipicung Bikin Papan Imbauan

by -15 views
WASPADA: Pemdes Cipicung membuat papan imbauan agar berhati-hati saat melewati Jalur Genteng-Totopong.

CIJERUK – Ruas jalan Kabupaten Jalur Genteng-Totopon mengalami pergeseran tanah sepanjang 100 meter dengan lebar retakan sepuluh centimeter. Retakan ini berpotensi terjadinya longsor di kala hujan deras. Pemerintah Desa bersama babinkamtibmas, Satpol PP, serta ketua RT langsung mengecek ke lokasi dan memberi tanda imbauan kepada pengendara yang melintasi jalur tersebut.

Pjs Kepala Desa Cipicung Adang Somantri mengatakan, pengecekan tanah ini akan dilaporkan ke pemeritah kecamatan dan Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Pemdes khawatir apabila tidak ditindaklanjuti secepat mungkin jalan akan longsor. “Setelah kita cek dan membuat laporan, pemdes juga membuat papan imbauan agar kendaraan di atas satu ton dilarang lewat. Kami juga membuat imbauan di tiga titik strategis agar dilihat pengendara,” katanya.

Sedangkan untuk kendaraan yang akan menuju Kampung Kawenibalakang hingga Kampung Pasirangin bisa melewati jalur Totopong dan Gadog, ia meminta dipatuhi untuk menjaga keselamatan bersama. Larangan ini diutamakan bagi truk yang bermuatan barang, pasir atau yang lainnya.

“Karena kita tidak mau terjadi hal yang tidak diinginkan, kami minta imbauan ini dipatuhi. Kepada Dinas PUPR,saya juga minta agar sebelum dibangun turap untuk sementara ditambal dengan aspal dulu, supaya ketika hujan air tidak masuk ke celah-celah yang retak,” ucapnya. (nto/b/els)