Tidak Ada DPS, Panitia Pilkades Nganggur

by -31 views
PANITIA: Anggota Panitia Pilkades Desa Babakan, menantikan kiriman DPS dari Disdukcapil, kemarin.

DRAMAGA – Panitia Pilkades Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, tidak bisa kerja maksimal. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor belum juga menyerahkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Ketua Panitia Pilkades Desa Babakan Aminudin mengatakan, saat ini masih tahap pendaftar bakal calon kepala desa (balon kades) dari 16 sampai 24 Agustus 2018. Tahap selanjutnya, pencocokan daftar hak pilih. Sayangnya, Disdukcapil Kabupaten Bogor hingga kini belum juga menyerahkan DPS ke panitia pilkades.

“Seharusnya Disdukcapil menyerahkan daftar hak pilih sementara, ini nggak. Dampaknya, panitia pilkades tidak ada kerjaan dan harus menunggu DPS dari Disdukcapil,” keluhnya.

Menurut Aminudin, seharusnya Disdukcapil menyerahkan DPS dari awal pembentukan panitia. Ketika sudah ada DPS, panitia bisa mengerjakan pencocokan data hak pilih. Jika mengacu pada  Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 Tahun 2019 tentang Pilkades, data yang diserahkan disdukcapil ke panitia sudah disusun berdasarkan kartu keluarga (KK). Jika sudah ada DPS dicocokkan.

Ketika masih ada data warga yang punyak hak pilih namun belum terdata bisa ditambahkan. Setelah itu, baru ditetapkan menjadi DPT, lalu diumumkan ke warga. “Kita meminta Disdukcapil segera menyerahkan DPS ke panitia, agar bisa langsung dicocokkan,” katanya. (ads/b/els)