Turunkan Gangguan, Bersihkan Jaringan

by -16 views

SURABAYA, Jawa Pos – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menargetkan bisa menurun kan gangguan transmisi listrik di wilayah operasinya. Untuk itu, pihaknya mempersiapkan unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) unit layanan pelanggan (ULP) untuk menggelar pasukan bebas right of way (ROW).

General Manager PLN UID Jawa Timur Bob Saril mengatakan, pasukan itu dipersiapkan guna menyelesaikan masalah jaringan listrik. PLN UID Jawa Timur mencatat, 80 persen gangguan listrik disebabkan ROW. Karena itu, pasukan tersebut diharapkan dapat membebaskan jaringan listrik dari gangguan pohon atau tumbuhan. ROW merupakan jarak aman jaringan listrik sepanjang 3 meter ke kanan dan kiri saluran udara.

”Diharapkan aksi serentak ini dapat menurunkan gangguan jaringan hingga 50 persen. Penurunan ini akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan listrik ke masyarakat,” ujar dia kemarin (19/8).

Pihaknya juga menargetkan 342 penyulang bebas ROW hingga September 2019. Untuk itu, setiap ULP ditargetkan dapat bebas ROW sebanyak 3 saluran udara tegangan menengah (SUTM) 20 kV dengan kategori kronis, sakit, dan panjang. Untuk itu, dia menekankan pentingnya koordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) serta masyarakat sekitar untuk membebaskan jaringan listrik.

Sampai saat ini, terdapat 2,270 personel dan 456 unit chainsaw lengkap dengan peralatan lainnya untuk membebaskan ROW. Pasokan listrik di wilayah Jawa Timur sendiri sudah mencukupi. PLN UID Jawa Timur memiliki daya mampu 8.000 megawatt (mw).

Untuk itu, PLN Distribusi Jawa Timur juga mengirimkan pasokan listriknya ke Bali, Jawa Tengah, maupun Jawa Barat setiap hari. Untuk ke Bali, PLN mengirim daya 340 mw dan pengiriman ke Jawa Tengah 1.400 mw. Di sisi lain, penjualan energi PLN UID Jawa Timur terus mening kat tiap tahun. (ell/c10/oki)